Ingin Terapkan Chatbot, Ini yang Perlu Diperhatikan Pelaku Jasa Keuangan

Ingin Terapkan Chatbot, Ini yang Perlu Diperhatikan Pelaku Jasa Keuangan

Ingin Terapkan Chatbot, Ini yang Perlu Diperhatikan Pelaku Jasa Keuangan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Perkembangan teknologi saat ini begitu pesat, termasuk juga dalam implementasi artificial intelligence (AI), salah satunya chatbot di industri jasa keuangan. Chatbot memang memberikan sejumlah hal positif, mulai dari menekan cost suatu perusahaan karena tak membutuhkan banyak agen untuk menghandle tiap pelanggan, dapat diakses selama 24 jam penuh, hingga meningkatkan customer experience.

Industri jasa keuangan sendiri merupakan salah satu sektor yang telah mengimplementasikan AI khususnya chatbot dalam bisnis prosesnya, mulai dari perbankan, asuransi, dan lainnya. Terlepas dari hal tersebut, CEO & Co-Founder Kata.ai, Irzan Raditya mengatakan, ada tiga hal yang harus disiapkan bagi para pelaku di sektor jasa keuangan yang ingin menerapkan chatbot, yakni merencanakan goals, menyiapkan sistem, dan mempersiapkan mindset dalam tim.

“Yang paling penting itu ketika suatu bisnis memutuskan untuk menggunakan chatbot itu harus tahu dulu goalsnya apa. Biasanya ada beberapa goals, mulai dari menargetkan customer experience hingga menekan cost operational,” katanya, dalam sebuah webinar, Selasa, 31 Mei 2022.

Selanjutnya, sambung Irzan, pelaku di industri jasa keuangan juga harus menerapkan sistemnya dengan baik, karena chatbot merupakan client application atau front end. Walaupun begitu, di belakangnya terhubung dengan berbagai macam sistem yang rumit.

“Ketiga yang tak kalah penting adalah mindsetnya di sini. Bahwa develop chatbot is one thing, tapi namanya chatbot yang berbasis AI, seperti yang kita ketahui di sini bahwa AI yang ada sekarang ini belum sempurna, masih dibutuhkan hadirnya satu agen yang memang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu dibutuhkan mindset dari timnya di sini,” ungkapnya. (*) Bagus Kasanjanu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]