Perbankan

Ingin Jadi Nomor Wahid, Bank KB Bukopin Agresif Ekspansi Bisnis dan Investasi Teknologi

Jakarta PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) telah mencapai sejumlah progres inovasi dan pertumbuhan yang signifikan dalam perjalanan transformasinya.

Transformasi yang ada merupakan fondasi bagi perseroan untuk lebih meningkatkan kualitas layanan dan menjangkau masyarakat lebih luas.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong mengatkan, sejumlah inovasi yang telah dilakukan di antaranya melaksanakan right issue untuk memperkuat permodalan perseroan pada 2023. Pemegang saham pengendali, KB Financial Group (KBFG) melalui KB Kookmin Bank menyuntikan modal Rp8 triliun dari total Rp12 triliun yang berhasil dikumpulkan.

Baca juga: ‘Getol’ Digitalisasi, Woo Yeul Lee Leader Bank KB Bukopin Raih Top 100 CEO dari Infobank

Dengan struktur permodalan yang lebih stabil, perseroan mendorong pertumbuhan dengan melakukan ekspansi bisnis dan investasi pada teknologi informasi. Investasi digital tersebut, yakni SHINE Project. Robby menyebut SHINE Project merupakan inisiatif pengembangan teknologi untuk sistem core banking Bank Bukopin.

“SHINE Project lebih efisien dengan mengadopsi teknologi mutakhir Next Generation Banking System (NGBS) dari KBFG. Milestone pertama dari SHINE Project adalah aplikasi digital banking “KBstar” yang diluncurkan pada September 2023,” kata Robby, Senin (26/2/2024).

Transformasi yang dijalankan perseroan tidak hanya tentang pengembangan teknologi, tapi meliputi peningkatan budaya kerja dan pengembangan SDM yang berfokus pada keunggulan layanan.

“Hal itu sejalan dengan visi dan misi perseroan untuk menjadi salah satu institusi perbankan terbesar di Indonesia, melalui penawaran produk dan layanan keuangan yang inovatif, dan memberikan solusi untuk kebutuhan layanan perbankan bagi nasabah,” sambung Robby.

Dengan dukungan dari KBFG, perjalanan transformasi perseroan telah membuka peluang baru dalam kerja sama dan sinergi bisnis, terutama dengan entitas bisnis Korea Selatan di Indonesia, melalui inisiatif Korean Link Business.

Dalam perjalanan transformasi ini, perseroan melihat peningkatan signifikan dalam kualitas aset dan ekspansi kredit.

Tahun ini menandai fase penting dimana perseroan menargetkan pencapaian kinerja profitabilitas yang positif, didukung oleh rebranding dan penguatan fundamental bisnis.

Baca juga: Suku Bunga Acuan Naik, Tak Pengaruhi Likuiditas KB Bukopin Syariah 

Robby menyatakan komitmen perusahaan untuk tidak hanya tumbuh sebagai institusi, tetapi juga untuk memperkuat ekonomi nasional melalui layanan keuangan yang inovatif dan terpercaya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan nasabah dan pemegang saham selama ini. Kami berharap langkah-langkah transformasi ini tidak hanya memperkuat posisi Bank KB Bukopin di pasar keuangan Indonesia tetapi juga menunjukkan komitmen kami untuk menjadi bank yang lebih responsif, inovatif, dan dicintai oleh masyarakat,” pungkas Robby. (*) RAL

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

2 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

3 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

3 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

3 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

4 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

5 hours ago