Keuangan

Infobank Gelar Literasi dan Inklusi Keuangan Bersama OJK, BI dan LPS

Yogyakarta — Infobank Media Group bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar acara Literasi dan Inklusi Keuangan di Pendompo Manggala Parasamya, Kantor Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Jumat, 12 Mei 2023.

Bertema “Meningkatkan Cakap Keuangan Perempuan Kabupaten Bantul”, Literasi dan Inklusi Keuangan ini menghadirkan narasumber antara lain Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, & Perlindungan Konsumen OJK; Filianingsih Hendarta, Deputi Gubernur BI; dan Lana Soelistianingsih, Kepala Eksekutif LPS.

Kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan ini diikuti sekitar 200 ibu-ibu penggerak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Bantul dan eksekutif keuangan dari seluruh Indonesia.

Hadir juga selaku tuan rumah acara, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, beserta Ny Dwi Joko Purnomo selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, Kepala Perwakilan BI DIY Budi Harto, Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto, dan Editor in Chief The Asian Post, Karnoto Mohamad.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu di Pendompo Kabupaten Bantul untuk mengikuti acara Literasi dan Inklusi Keuangan pagi ini,” ujar Joko Purnomo yang mewakili Bupati Bantul.

Menurut Joko, kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan seperti ini sangat penting, khususnya bagi masyarakat Bantul. Sebab, meski tingkat inklusi sudah cukup tinggi namun tingkat literasi masih belum sebanding, sehingga rrntan terjadi masalah dalam transaksi keuangan.

“Pandemi membawa dampak positif yakni terjadinya percepatan transaksi digital termasuk di sektor jasa keuangan. Namun, pandemi juga membawa dampak negatif terkait keamanan dan penipuan dalam transaksi keuangan,” papar Joko.

Untuk itu, kata dia, perlunya diimbangi dengan litetasi keuangan yang mumpuni. Maka itu, Kabupaten Bantul mempunyai Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) untuk pengembangan ekonomi daerah.

“Sehingga bisa bersinergi dengan seluruh stakeholder dalam meningkatkan literasi, khususnya bagi perempuan dan usaha perempuan, agar mampu meningkatkan akses keuangan dan mendorong ekonomi daerah Bantul menjadi lebih sejahteta,” urainya.

Acara Literasi dan Inklusi Keuangan di Bantul ini merupakan bagian dari rangkaian acara  “Infobank Top 100 Most Outstanding Women 2023” hasil kerjasama Infobank Media Group, OJK, BI, dan LPS.

Acara ini bisa terselenggara berkat dukungan para sponsor antara lain Bank Kalteng, Bank Sumselbabel, Bank BJB, Bank Jateng, Bank Sultra, Bank BPD DIY, Bank BPD Bali, Bank Nagari, BPR Delta Artha Sidoarjo, Bank Kalbar, BPR Garut, BPRS Sukowati Sragen, BPR Djoko Tingkir, BPR Bahteramas Sultra, Bank Daerah Bojonegoro, serta atas dukungan SuaraJogja.id dan HarianJogja.com sebagai media partners. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

IHSG Sempat Sentuh Rekor ke Level 7.905, Begini Kata OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa, pasar saham Indonesia atau Indeks Harga Saham… Read More

9 mins ago

Cara Jago Kelola Uang dan Merintis Karier di Era Digital, Simak Ini Tipsnya

Jakarta - Kaum muda, terutama milenial dan generasi Z (gen Z), menghadapi berbagai tantangan keuangan,… Read More

28 mins ago

OJK Catat Kredit Perbankan Tumbuh 11,40 Persen di Agustus 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pada Agustus 2024 kredit perbankan tumbuh sebesar 11,40 persen yoy atau menjadi… Read More

40 mins ago

Tumbuh 1,32 Persen, Aset Industri Asuransi Tembus Rp1.132 Triliun di Agustus 2024

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut industri perasuransian dan dana pensiun menunjukkan kinerja positif… Read More

54 mins ago

BEI Catat Ada 32 Perusahaan Antre IPO, 12 Beraset Jumbo

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat per 27 September 2024, terdapat 32 perusahaan… Read More

2 hours ago

Bos OJK: Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Terjaga di Tengah Tren Pemangkasan Suku Bunga

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai stabilitas sektor jasa keuangan terjaga stabil dan pasar keuangan menguat… Read More

2 hours ago