News Update

Infobank Digital Bersama Asuransi Intra Asia dan Bank Mayapada Gelar Literasi Keuangan bagi Mahasiswa Unair

Surabaya – Infobank Digital yang merupakan bagian dari Infobank Media Group menggelar Infobank Literacy Road Show 2024 dengan tema “Gen Z Melek Keuangan, Masa Depan Aman dan Dapat Cuan” di Cendrawasih Hall, Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jumat, 18 Oktober 2024.

Dihadiri ratusan mahasiswa Unair, kegiatan literasi keuangan ini didukung oleh PT Asuransi Intra Asia dan PT Bank Mayapada Internasional Tbk, serta berkolaborasi dengan LPM Mercusuar Unair.

Menurut Apriyani Kurniasih, Direktur Infobank Digital, literasi keuangan menjadi sangat penting untuk mahasiswa. Mengingat, mahasiswa dihadapkan dengan berbagai kebutuhan finansial, mulai dari biaya kuliah, kebutuhan sehari-hari, dan keinginan untuk bersenang-senang

“Memiliki pemahaman yang kuat tentang keuangan dapat membantu mahasiswa mengelola uang dengan bijak dan mencapai tujuan finansial mereka,” jelasnya.

Diakuinya, mahasiswa yang didominasi generasi (gen) Z menunjukkan perkembangan literasi keuangan yang signifikan. Berdasarkan tren terbaru pada 2024, tingkat literasi keuangan gen Z diperkirakan berada di kisaran 45-50 persen.

“Gen Z lebih melek teknologi keuangan (fintech) dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mereka banyak menggunakan aplikasi untuk investasi (seperti saham dan cryptocurrency), perencanaan keuangan, dan transaksi digital,” ungkapnya.

Baca juga: Infobank Digital Bersama Asuransi Candi Utama Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Literasi Keuangan di SMA Bakti Mulya 400

Meski demikian, kata Apriyani, gen Z masih perlu lebih memahami dasar-dasar keuangan tradisional, seperti manajemen utang, perencanaan jangka panjang, dan pemahaman tentang bunga dan inflasi.

“Makanya, literasi keuangan ini sangat penting buat mahasiswa. Terutama dalam membuat keputusan finansial, mencegah utang, dan bisa mencapai kemandirian finansial,” tegasnya.

Ratusan mahasiswa Unair Surabaya mengikuti Infobank Literacy Road Show 2024.

Di kesempatan yang sama, Nurma Maulana, Marketing Manager PT Asuransi Intra Asia menekankan pentingnya asuransi bagi kalangan milenial dan gen Z. Ini mengingat risiko yang terjadinya tidak pandang usia. Sebagian gen Z yang sudah punya penghasilan, mungkin berpikiran jika asuransi tidak penting mengingat usianya masih muda.

“Namun, mereka tampaknya lupa kalau risiko seperti jatuh sakit, mengalami kecelakaan, atau kehilangan pekerjaan sama sekali tidak pandang usia. Jadi, proteksi diri dalam bentuk asuransi sama pentingnya bagi gen Z,” ujarnya.

Selain itu, kata Nurma, proteksi yang diperoleh oleh gen Z dari asuransi yang dimilikinya juga akan bermanfaat bagi keluarganya. Kepemilikan atas asuransi akan membuat keluarga tidak menjadi terbebani dengan biaya yang mungkin dikeluarkan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada gen Z.

Manfaat lain yang bisa didapat gen Z dengan memiliki asuransi adalah membantu untuk mengatur keuangan. Saat mengikuti program asuransi, setiap bulan wajib membayar premi. Tanpa disadari, kegiatan ini mendorong mahasiswa untuk lebih paham bagaimana cara mengatur keuangan.

“Nah, sadar atau tidak bahwa tindakan tersebut sudah membantu mengatur keuangan. Kamu jadi lebih paham cara mengatur keuangan misalnya untuk membayar premi asuransi, belanja kebutuhan, dan hal lainnya,” jelasnya.

Nurma merekomendasi jenis asuransi yang dibutuhkan generasi milenial dan gen Z.  Pertama, ada asuransi jiwa. Produk ini merupakan jenis asuransi yang menanggung risiko tak terduga yang erat kaitannya dengan jiwa seseorang.

“Tujuan dari asuransi ini untuk melindungi kondisi dan stabilitas finansial seseorang ketika meninggal dunia dan tetap bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan,” ujarnya.

Baca juga: Dorong Literasi Gen Z, Infobank Literacy Roadshow Digelar di FEB UB

Kedua, asuransi umum. Menurut Nurma, asuransi kerugian ini memberikan jasa dalam penanggulangan risiko atas kerugian, kehilangan manfaat, dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga. Dalam hal ini, Intra Asia memiliki banyak produk unggulan yang cocok bagi gen Z. Di antaranya asuransi kendaraan bermotor, harta benda, perjalanan, hewan peliharaan hingga kecelakaan diri.

Terakhir, asuransi kesehatan. Jatuh sakit merupakan kejadian yang tak terduga. Makanya, Nurma merekomendasikan gen Z untuk memiliki asuransi kesehatan sebagai alternatif untuk menangani kerugian, utamanya dari sisi keuangan saat situasi yang tak diharapkan terjadi.

“Seperti kamu tahu, biaya pengobatan rumah sakit tidak murah dan pasti menghabiskan banyak biaya. Untuk itu, kamu perlu persiapan yang memadai, Intra Asia memiliki produk Asuransi Kesehatan Intra’s (Kumpulan) & Intra Shield yang cocok untuk gen Z,” tutupnya. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

11 mins ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

13 mins ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

44 mins ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen di Akhir 2024

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,1 persen secara… Read More

1 hour ago

KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan RI Masih Terjaga di Triwulan III 2024

Jakarta – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan bahwa sistem keuangan Indonesia tetap terjaga hingga triwulan III… Read More

2 hours ago