Etalase

Infobank Bersama IBI, Makapala, dan 25 Institusi Keuangan Tanam 10.000 Mangrove

Jakarta — Infobank Media Group bersama Ikatan Bankir Indonesia (IBI), Masyarakat Keuangan Pecinta Alam (Makapala), dan industri keuangan perbankan menggelar aksi penanaman 10 ribu pohon mangrove di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Sabtu, 18 Maret 2023.

Aksi penanaman 10 ribu pohon mangrove ini merupakan bagian dari kegiatan “Infobank Green Golf Tournament 2023” yang diselenggarakan oleh Infobank Media Group pada 4 Maret 2023 lalu.

“Sejak awal kita komitmen, sebagian penghasilan dari acara Infobank Green Golf Tournament akan kita dedikasikan untuk pelestarian lingkungan hidup,” ujar Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group, kepada wartawan, Sabtu, 18 Maret 2023.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, Infobank Media Group menggandeng IBI, Makapala, AsianPost.ID, dan industri keuangan perbankan. Selain itu, melibatkan institusi terkait, seperti Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jakarta Utara, Komunitas Mangrove Indonesia, dan Back Packer Jakarta (BPJ).

Menurut catatan Komunitas Mangrove Indonesia, aksi penanaman 10 ribu pohon mangrove ini adalah aksi terbesar dari sisi jumlah pohon yang ditanam dalam satu kali aksi.

“Ini adalah aksi penanaman mangrove kedua setelah aksi pertama di tahun 2022 lalu. Tahun lalu kita menanam seribu pohon mangrove,” ungkap Eko.

Menurut Eko, aksi penanaman mangrove memiliki arti penting, tak hanya untuk Indonesia, tapi juga untuk dunia. Sebab, dari total hutan mangrove dunia, 20% di antaranya berada di wilayah Indonesia.

“Tanaman mangrove mampu menyerap emisi karbon 12 kali lebih besar dibanding tanaman lain. Sehingga, pelestarian tanaman mangrove di Indonesia menjadi sangat urgent untuk keberlangsungan kehidupan di bumi,” paparnya.

Terlebih, kata dia, tahun 2023 ini, pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan membuka bursa perdagangan karbon. Potensi perdagangan karbon di Indonesia cukup menggiurkan, yakni mencapai US$565,9 miliar atau setara Rp8.000 triliun.

“Untuk itu, Infobank Media Group, IBI, Makapala, AsianPost.ID, dan industri keuangan perbankan memiliki kewajiban untuk mendukung program bursa perdagangan karbon dengan memastikan kualitas hutan di Indonesia memenuhi standar kualifikasi internasional,” ujarnya.

“Menanam dan menjaga pohon mangrove di wilayah Indonesia dalah langkah kecil menuju lestarinya hutan mangrove,” tutup Eko.

Institusi keuangan yang terlibat di aksi penanaman 10 ribu pohon mangrove adalah BTN, BCA, BNI, Bank Mandiri, BRI, Pertalite Insurance, Maximus Insurance, Bank Kalteng, Rintis Sejahtera (ATM Prima), Bank Danamon, Bank BJB, Mandiri Tunas Finance, Jamkrindo, Bank DKI, BNI Life, BRI Insurance, Indolife, Mandiri Inhealth, Asuransi Tripa, Asuransi Cakrawala Proteksi, Jamkrindo Syariah, Pegadaian, APPI, BPR Universal, dan Bank MAS. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

10 mins ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

49 mins ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

2 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

2 hours ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

4 hours ago