News Update

Inflasi Rendah buat Rupiah ditutup Melemah Rp15.100/US$

Jakarta – Dalam perdagangan hari ini (4/5) nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup pada level 15.100/US$ atau melemah 218 point bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan, rilis inflasi RI dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang rendah membuat investor berasumsi bahwa daya beli masyarakat Indonesia rendah.

“Rendahnya inflasi tersebut menjadi salah satu indikasi penurunan daya beli masyarakat yang menurun, akibat banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) serta penerapan PSBB di beberapa wilayah Indonesia,” kata Ibrahim di Jakarta, Senin 4 Mei 2020.

Badan Pusat Statistik (BPS) sendiri telah merilis pada April 2020 terjadi inflasi sebesar 0,08%. Adapun secara tahunan inflasi berada di 2,67%. Dari 90 kota, BPS melaporkan 39 kota mengalami inflasi dan 51 kota terjadi deflasi.

“Pergerakan inflasi ini tidak biasa dengan pola sebelumnya, tahun lalu masuk Ramadan dan jatuh pada Mei inflasi meningkat tahun ini justru melambat,” kata Kepala BPS Suhariyanto.

Lebih lanjut Ibrahim memandang situasi Covid-19 ini menyebabkan pola ekonomi yang tidak biasa. Permintaan yang harusnya meningkat apalagi memasuki bulan puasa dan Idul Fitri malah cenderung menurun.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (4/5) kurs rupiah berada pada posisi 15.073/ US$ terlihat menguat dari posisi 15.157/US$ pada perdagangan Kamis kemarin (30/4). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

60 mins ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

2 hours ago

Nasib Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Ada di Tangan Prabowo

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong keberlanjutan program Kartu Prakerja di masa kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo… Read More

2 hours ago

Merangkap Jadi Menaker, Airlangga Siapkan Rencana Kenaikan UMP Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemban tugas baru sebagai Ad Interim (tugas sementara) Menteri… Read More

2 hours ago

Pahami 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Investasi Ilegal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal atau bodong di… Read More

2 hours ago

Bundamedik Cetak Laba Bersih Naik 199 Persen di Semester I 2024, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bundamedik Tbk atau Bundamedik Healthcare System (BMHS) sebagai salah satu emiten kesehatan… Read More

2 hours ago