Moneter dan Fiskal

Inflasi Rendah, ‎BI Turunkan 7-day Repo Rate 25 Bps

Jakarta–Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG-BI) pada 21-22 Agustus 2017 memutuskan untuk menurunkan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis points (bps) menjadi 4,5 persen dengan suku bunga Deposit Facility dan Lending Facility turun 25 bps menjadi masing-masing 3,75 persen dan 5,25 persen yang berlaku efektif 23 Agustus 2017.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Gubernur BI Agus DW Martowdojo, di Jakarta, Selasa, 22 Agustus 2017 menurutnya, keputusan BI tersebut sejalan dengan laju inflasi yang dalam tren menurun dan terjaga. Sehingga laju inflasi 2017 sesuai dengan target BI yakni 3-5 persen.

Menurutnya, penurunan BI 7-day Repo Rate ini akan diikuti oleh instrumen moneter lainnya seperti kebijakan moneter yang sudah dilakukan Bank Sentral. Di sisi lain, penurunan suku bunga acuan ini diharapkan dapat memperkuat intermediasi perbankan dalam penyaluran kreditnya di 2017 ini.

“Keputusan ini dapat memperkuat intermediasi perbankan sehingga dapat menopang kredit dan ekonomi yang lebih tinggi,” ujar Agus Marto.

Lebih lanjut dia menambahkan, bahwa Bank Sentral akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta tetap memberi dukungan bagi pemulihan ekonomi lebih lanjut.

Selain itu, Bank Sentral  juga terus mempererat koordinasi bersama Pemerintah dalam rangka pengendalian inflasi agar tetap berada pada kisaran sasaran dan mendorong kelanjutan reformasi struktural agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.‎ (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Mengenal Sosok Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Jadi Calon Menteri Kabinet Prabowo

Jakarta - Veronica Tan, mantan istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok turut dipanggil Presiden Terpilih… Read More

8 hours ago

Siap Gabung Kabinet Prabowo-Gibran, Erick Thohir: Amanah Ini akan Saya Jalankan Sebaik Mungkin

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menjadi salah satu tokoh yang… Read More

8 hours ago

Yusril Ihza Mahendra Ditugaskan Prabowo jadi Menko Hukum dan HAM

Jakarta - Salah satu tokoh yang dipanggil presiden terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Jalan… Read More

8 hours ago

Inilah Daftar Nama Calon Menteri yang Dipanggil Presiden Terpilih Prabowo

Jakarta - Sederet ketua umum partai, pengusaha, hingga menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipanggil… Read More

9 hours ago

Yuk, Intip Deretan Wajah Lama Menteri yang Dipanggil Prabowo ke Kertanegara

Jakarta – Jelang enam hari pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakilnya Gibran Rakabuming Raka… Read More

9 hours ago

Masuk Kabinet Prabowo, Airlangga: Penugasan Sesuai Bidang Selama Ini Saya Geluti

Jakarta - Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto ke kediamannya di Jalan… Read More

10 hours ago