Inflasi Diprediksi Sentuh 7,13%, IHSG Optimis Menguat Terbatas

Inflasi Diprediksi Sentuh 7,13%, IHSG Optimis Menguat Terbatas

IHSG
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Mirae Asset Sekuritas memproyeksikan inflasi akan naik ke posisi 7,13% pada tahun ini, meningat tajam dika dibandingkan dengan tahun 2021 yang sebesar 1,87%, akibat dari adanya kenaikan harga BBM.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta mengatakan bahwa kenaikan tersebut juga akan diikuti oleh kenaikan suku bunga BI menjadi 4,5% dari 3,5% di tahun 2021 untuk memitigasi kenaikan inflasi yang lebih tinggi lagi.

“Pertumbuhan ekonomi akan tetap diproyeksikan di 5,8% dengan fundamental-fundamental domestik yang relatif solid didukung oleh kinerja ekspor,” ucap Nafan dalam Media Day di Jakarta, 8 September 2022.

Selain itu, Indonesia diuntungkan dari deflasi dengan turunnya beberapa harga barang terutama bahan makanan, sehingga kenaikan BBM dan kenaikan suku bunga acuan diharapkan akan membuat inflasi stabil.

Kemudian terkait dengan ekspetasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di bulan September 2022, Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Martha Christina, memprediksi IHSG masih dibayangi oleh inflasi, terlebih setelah pemerintah menaikkan harga BBM. Meskipun demikian, faktor kenaikan harga komoditas masih berpotensi mengangkat pasar saham.

Baca juga: Mirae Asset: IHSG Masih Menarik Meski Fed Rate Naik

“Secara teknikal, kami memprediksi IHSG akan menguat terbatas dengan support-resistance di level 7.040-7.361, akan tetapi masih berpotensi terkoreksi setelah pengumuman Fed Rate pada pekan ketiga September,” ucap Martha. (*) Khoirifa

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]