Inflasi 0,32% Bukti Geliat Ekonomi Meningkat

Inflasi 0,32% Bukti Geliat Ekonomi Meningkat

pertumbuhan ekonomi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Ekonom Senior Ryan Kiryanto memandang laju inflasi sebesar 0,32% (mtm) atau 1,68% (yoy) pada Mei 2021 menunjukkan geliat perekonomian di tengah masyarakat, termasuk konsumsi rumah tangga, yang bergerak naik. Hal ini juga tercermin dari terbentuknya inflasi di 78 kota dari sebanyak 90 kota yang disurvei, dimana 12 kota mengalami deflasi.

“Kenaikan inflasi tahunan maupun year to date sudah terlihat bergerak naik sejak April 2021 dan berlanjut semakin naik di Mei 2021. Perkembangan inflasi dalam dua bulan terakhir itu mengkonfirmasi signal pemulihan ekonomi, meskipun ada pembatasan mobilitas orang seperti larangan PPKM dan larangan mudik lebaran Idul Fitri,” jelas Ryan di Jakarta, Rabu 2 Juni 2021.

Menurutnya, program vaksinasi yang terus bergulir telah meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk beraktivitas sosial dan ekonomi di luar rumah. Hal tersebut tercermin dari persentase working from office (WFO) secara perlahan-lahan mulai naik dengan tetap mengacu kepada protokol kesehatan (prokes).

“Kalangan dunia usaha juga semakin percaya diri untuk melakukan ekspansi usahanya dan membuka kembali bidang usahanya sejalan dengan meningkatnya kepercayaan diri masyarakat konsumen pasca vaksinasi,” tambah Ryan.

Sementara itu, Ryan menjelaskan, mobilitas masyarakat yang meningkat baik di dalam kota maupun antarkota juga telah mendorong kenaikan andil sektor transportasi terhadap inflasi sebesar 0,08% dalam pembentukan inflasi Mei 2021.

Sedangkan untuk andil sektor penyediaan makanan dan minuman/restoran yang sebesar 0,04% juga memberikan indikasi konsumsi makanan dan minuman/restoran oleh masyarakat meningkat di masa lebaran Idul Fitri pada 13 Mei 2021 lalu.

Dari gambaran tersebut Ryan bahkan optimis perekonomian Indonesia di kuartal II/2021 akan semakin meningkat dan bisa menembus level positif 6% hingga 7% setelah sebelumnya masih terkontraksi -0,74% di Kuartal-I 2021. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]