Keuangan

Industri Syariah di Indonesia Miliki Peluang Besar Tumbuh

Jakarta – Economist Samudera Indonesia Research Initative, Ebi Junaidi mengatakan industri syariah di Indonesia masih belum berkembang secara pesat. Namun, di sisi lain peluang Indonesia dalam pengembangan industri berbasis syariah akan cukup besar ke depannya.

Dia menjelaskan, berdasarkan data dari DinarStandard, World Trade Tourism, Indonesia masih berada di urutan ke tujuh dari sepuluh negara dengan aset keuangan syariah terbesar. Di mana Indonesia memiliki aset sebesar USD119,5 miliar, di bawah negara Kuwait yang sebesar USD144 miliar.

“Kita di bawah Kuwait yang sebesar USD114 miliar, Qatar sebesar USD156,4 miiar, UEA (Uni Emirat Arab) sebesar USD251 miliar, Malaysia sebesar USD619,7 miliar, dan sungguh jauh di bawah Saudi Arabia sebesar USD826 miliar, dan Iran USD838,3 miliar untuk aset keuangan syariah,” ujar Ebi dalam Webinar Refleksi Perkembangan Ekonomi Syariah dan Keuangan Syariah di Indonesia ISEI, Selasa 11 Juli 2023.

Baca juga: Makin Optimis, Aset Industri Keuangan Syariah Tembus Rp2.420 Triliun

Sementara itu, untuk pasar konsumen kosmetik halal pada data tahun 2021, Indonesia berada di urutan kedua sebesar USD4,7 miliar di bawah India yang sebsar USD6,3 miliar. Artinya, kata Ebi, pasar industri halal di Indonesia cukup besar untuk berkembang, namun permasalahannya Indonesia belum menjadi produsennya.

“Kemudian, di top 5 media and recreation muslim consumer markets di 2021, kita juga di nomer dua di bawah Turki, jadi preferensi muslim sudah menunjukkan ke arah barang-barang yang halal (halal industri) tetapi produsen kita belum dan totalnya penduduknya masih dibawah seperti turki,” jelasnya.

Selanjutnya, international tourism, number of arrivals tahun 2019, Indonesia berada di urutan kelima sebanyak 16,1 juta turis, di bawah Saudi Arabia sebanyak 20,3 juta orang. Disusul, UAE 25,3 juta turis, Malaysia 26,1 juta turis, dan Turkiye 51,7 turis.

“Jadi kondisinya belum begitu menggembirakan di satu sisi, namun di sisi lain ini juga menunjukkan bahwa adaopportunity yang besar sekali untuk bisa berkembang,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

1 hour ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

2 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

3 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

3 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

3 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

4 hours ago