Keuangan

Indonesia Re Sayangkan Rendahnya Penetrasi Asuransi terhadap Masyarakat

Jakarta – Direktur Utama PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) Benny Waworuntu menyayangkan masih rendahnya penetrasi asuransi terhadap masyarakat Indonesia. Menurutnya, pengetahuan orang-orang mengenai produk asuransi tidak begitu tinggi.

“Kami melihat, pengetahuan masyarakat terhadap produk asuransi masih rendah. Disebabkan oleh kurangnya kepercayaan terhadap industri asuransi, karena berbagai masalah yang ada,” papar Benny dalam acara Indonesia Re International Conference 2024, Rabu, 24 Juli 2024.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), tingkat penetrasi asuransi di Indonesia hanya mencapai 2,64 persen pada 2023.

Baca juga : Gandeng Indonesia RE, IFG Dorong Standarisasi Data Baru di Industri Asuransi RI

Angka ini terus menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Sempat mencapai persentase 3,23 persen pada 2020, tingkat penetrasi asuransi turun menjadi 3,06 persen pada 2021 dan 2,72 persen pada 2022.

Padahal, jumlah perusahaan asuransi di Indonesia terbilang banyak. Per 2023, ada setidaknya 78 asuransi umum, 58 asuransi jiwa, dan 9 reasuransi. Mereka bersaing merebut pangsa pasar yang kecil.

“Perusahaan asuransi ini berebut pangsa pasar yang tidak seberapa. Ini menyebabkan kompetisi yang tidak sehat di antara perusahaan asuransi, terutama dari segi pemberian harga,” lanjut Benny.

Baca juga : Pengamat: Keputusan OJK Cabut Izin Usaha Asuransi Bermasalah Sudah Tepat

Jika hal ini tidak berubah, tambah Benny, maka beban industri asuransi bisa bertambah, seperti defisit pada neraca keuangan. Benny sendiri berujar, ada beberapa alasan kenapa masyarakat kurang mempercayai produk asuransi, yang harus dibenahi oleh industri dan regulator.

“Aspek penjaminan, aspek mekanisme, dan aspek peningkatan literasi dan inklusi keuangan ini penting untuk diperhatikan oleh para pemangku kepentingan, untuk memenuhi kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Benny merasa kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi juga diperparah dengan rendahnya akumulasi nilai manfaat. Kurang pesatnya pertumbuhan sektor asuransi dapat disebabkan oleh rendahnya penggunaan dan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap produk asuransi.

Untuk itu, Benny menekankan pentingnya kolaborasi antara perusahaan asuransi, regulator, dan pemangku kepentingan lainnya akan menjadi kunci untuk membantu mewujudkan masa depan yang berpusat pada nasabah. (*) Mohammad Adrianto Sukarso

Editor : Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Perkuat Kemandirian Ekonomi Masyarakat Bali, BSI Resmikan Sentra UMKM Bedugul

Direktur Compliance and Human Capital PT Bank Syariah Indonesia tbk (BSI) Tribuana Tunggadewi memberikan sambutan… Read More

37 mins ago

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

1 hour ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

2 hours ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

2 hours ago

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen di Akhir 2024

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,1 persen secara… Read More

2 hours ago