Nasional

Indonesia Alami Fenomena Equinox pada 21 Maret, Apa Dampaknya?

Jakarta – Informasi mengenai fenomena equinox atau gerak semu Matahari tepat di khatulistiwa beredar viral di media sosial X (Twitter). Dalam narasi yang beredar, disebutkan bahwa fenomena tersebut bisa berdampak terhadap peningkatan suhu panas di Indonesia.

Lantas, apa itu fenomena equinox?

Dirangkum dari beberapa sumber, yaitu Tribunjogja.com dari Nasional Geographic Indonesia, Kompas.com dan laman resmi BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan Equinox adalah salah satu fenomena astronomi ketika matahari melintasi garis khatulistiwa. Ketika terjadi Equinox, matahari dan bumi berada pada jarak yang paling dekat.

Akibatnya, wilayah tropis di sekitar ekuator akan mendapatkan penyinaran matahari maksimum. Nah, selama Equinox berlangsung, durasi siang dan malam di bumi hampir sama, yaitu sekitar 12 jam di atas wilayah masing-masing yang dilaluinya. 

Wilayah yang berada di bagian subtropis utara maupun selatan juga mengalami hal serupa, tentang kesamaan durasi antara siang dan malam.

Baca juga : Waspada! Ini Dampak Cuaca Ekstrim Pada Mobil Anda

Fenomena ini terjadi setahun 2 kali saja, yaitu pada 21 Maret dan 23 September. Namun, ada pula yang meyakini fenomena Equinox terjadi antara tanggal 19-21 Maret dan 22-23 september.

Sub Koordinator Hubungan Pers dan Media Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwi Rini Endra Sari mengonfirmasi bahwa fenomena Equinox akan terjadi di Indonesia pada hari Kamis, 21 Maret 2024.

Menurutnya, fenomena Equinox merupakan fenomena astronomi yang umum terjadi. Fenomena Equinox bisa menyebabkan peningkatan suhu di Indonesia. Namun, peningkatan suhu yang terjadi tidak terlalu signifikan.

Menurut Dwi Rini, fenomena Equinox tidak berdampak pada musim di Indonesia. Pihak BMKG menerangkan, faktor utama yang menyebabkan peningkatan suhu atmosfer bukan Equinox, tetapi hal lain.

Baca juga : Cuaca Ekstrem Arab Saudi Tak Halangi Jemaah Tunaikan Ibadah di Masjidil Haram

Berikut beberapa faktor yang membuat cuaca di Indonesia begitu panas:

  • Radiasi matahari keseluruhan
  • Pola sirkulasi atmosfer
  • Konsentrasi gas-gas rumah kaca di atmosfer
  • Kecepatan angin
  • Tutupan awan
  • Tingkat kelembapan udara, dan lainnya.

Faktor-faktor tersebut memiliki dampak yang lebih besar terhadap panasnya suhu di suatu wilayah, dibandingkan dengan dampak fenomena Equinox. Ketika tutupan awan di suatu wilayah sangat sedikit, maka radiasi matahari yang mencapai Bumi dapat mencapai titik maksimum.

Hal itu lantas menyebabkan peningkatan suhu di wilayah yang bersangkutan.

Selain itu faktornya adalah kelebihan gas-gas rumah kaca di atmosfer juga dapat menyebabkan lapisan ozon menipis, sehingga semakin banyak sinar UV yang lolos dari atmosfer bumi, kemudian mencapai permukaan. Itulah yang membuat cuaca begitu panas beberapa waktu terakhir. (*)

Enny Ratnawati

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

3 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

4 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

4 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

5 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

6 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

6 hours ago