INDEF: Pertumbuhan Ekonomi Jauh Dari Ekspektasi

INDEF: Pertumbuhan Ekonomi Jauh Dari Ekspektasi

Ini 4 Target Pembangunan Pemerintah dalam RAPBN 2018
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta — Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2017, yang tercatat sebesar 5,06 persen atau membaik bila dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi di kuartal sebelumnya yang sebesar 5,01 persen.

Menanggapi hal tersebut, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira menilai hasil pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2017 masih sangat di bawah ekspektasi. Dirinya menilai, belanja pemerintah yang diharapkan bisa menggerakan konsumsi rumah tangga hanya dapat tumbuh tipis sebesar 3,46 persen.

“Sementara konsumsi rumah tangga mengalami stagnasi di 4,93 persen, hal tersebut mencerminkan pelemahan daya beli khususnya masyarakat menengah ke bawah. Porsi konsumsi rumah tangga terhadap PDB juga menurun menjadi 55,6 persen,” ungkap Bhima saat dihubungi di Jakarta, Senin, 6 November 2017.

Bhima menambahkan, faktor pendorong pertumbuhan ialah berasal dari ekspor yang tercatat mengalami kenaikan signifikan hingga 17,2 (yoy) namun hal tersebut juga diikuti oleh impor yang mengalami kenaikan signifikan menjadi 15,09 persen (yoy).

“Ini membuktikan bahwa pertumbuhan ekonomi kualitasnya berkurang. Harusnya ekspor naik di sisi yang lain impornya rendah,” tukas Bhima.

Melihat kondisi tersebut, dirinya menilai, target pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun 2017 yang dicanangkan pemerintah diangka 5,2 persen dirasa sulit tercapai.

“Jadi kesimpulannya pertumbuhan ekonomi sampai saat ini minus kualitas. Pemerintah harus percepat program penyelamatan industri manufaktur melalui paket kebijakan, dorong program padat karya, jaga daya beli dengan pengendalian harga pangan plus bansos, dorong percepatan penyerapan belanja pemerintah pusat dan daerah,” tukas Bhima. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]