Pasar Modal

INDEF: 3 Capres-Cawapres Masih ‘Cuek’ Terhadap Pasar Modal Syariah Indonesia

Jakarta – Ketiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dinilai belum memberikan perhatian kepada pasar modal syariah Indonesia.

Kepala Program Ekonomi Syariah Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Fauziah Rizki Yuniarti, menilai bahwa topik terkait dengan pasar modal syariah masih belum menjadi perhatian bagi ketiga capres tersebut.

“Pasar modal syariah belum jadi perhatian tiga paslon, ditelisik dari dokumen visi misi beberapa telah menyebut kata syariah meskipun tidak spesifik pada pasar modal,” ucap Fauziah dalam Diskusi Catatan Awal Tahun “Visi Capres dan Evaluasi Ekonomi Syariah di Indonesia” dikutip, 13 Januari 2024.

Baca juga: BEI Targetkan Investor Pasar Modal Syariah Tembus 1 Juta di 2024, Begini Jurusnya

Padahal menurutnya, kinerja pasar modal lebih dominan dibanding instrumen lain, di mana Indonesia menjadi negara yang masuk ke dalam tiga teratas di dunia terkait dengan pasar modal syariah.

“Sejak 2021, pemerintah telah menyerap banyak dana dari pasar modal syariah berupa sebagai sumber penerimaan APBN melalui sukuk. Indonesia adalah penerbit green sukuk ritel pertama di dunia pada 2019,” imbuhnya.

Adapun, produk pasar modal selain sukuk yaitu reksa dana syariah di Indonesia juga menjadi penopang terbanyak dari pasar uang sebesar 26 persen.

Meski begitu, perlu adanya perhatian khusus kepada keuangan syariah khususnya pasar modal, hal ini disebabkan karena literasi keuangan syariah hanya tercatat sembilan persen dan inklusi keuangan syariah hanya 12 persen.

Baca juga: Awas! OJK Diam-Diam Nyamar jadi Intel di Warung Kopi, Gali Informasi Pasar Modal

“Pemerintah perlu mendorong pemahaman khususnya bagi anak muda tentang pasar modal syariah karena tingkat pengembalian lebih tinggi dari deposito. Dari sisi supply perlu untuk meningkatkan produk reksadana syariah, pembiayaan pembangunan, sukuk korporasi dan sukuk daerah,” ujar Fauziah.

Sementara dari sisi demand yang paling penting yaitu, mendukung edukasi pasar modal kepada anak-anak, misalnya masuk ke kurikulum sekolah dasar (SD), tabung saham, endorse gen z, dan lainnya. (*)

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

11 mins ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

35 mins ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

14 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

15 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

15 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

15 hours ago