Implementasi Layanan Solusi Koperasi, Aviana Terus Dorong Digitalisasi Koperasi

Implementasi Layanan Solusi Koperasi, Aviana Terus Dorong Digitalisasi Koperasi

Implementasi Layanan Solusi Koperasi, Aviana Terus Dorong Digitalisasi Koperasi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM terus mendorong pentingnya percepatan digitalisasi koperasi demi membawa dampak positif kepada seluruh koperasi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan masih banyaknya koperasi yang bergerak lambat khususnya dari segi pengembangan teknologi. Potensi tersebut sangat besar mengingat Indonesia memiliki 127.846 jumlah koperasi aktif di Indonesia dengan lebih dari 27 juta anggota, dan volume usaha mencapai Rp182,35 triliun per akhir 2021.

Dalam rangka mewujudkan digitalisasi koperasi tersebut, PT Aviana Sinar Abadi berkerjasama dengan Koperasi Karyawan (Kopkar) Gobel – Panasonic dalam implementasi layanan solusi koperasi. Solusi ini bertujuan mendorong digitalisasi koperasi di Indonesia, yang memiliki potensi digitalisasi yang besar.

Dalam kerjasama ini, AVIANA menyediakan platform aplikasi solusi koperasi yang menerapkan Total Digital Solution meliputi aplikasi whitelabel untuk koperasi, sistem e-commerce, dilengkapi juga dengan sistem POS (Point of Sales atau smart cashier) serta management allowance yang memungkinkan anggota koperasi bisa melakukan pembelanjaan produk fisik dan produk digital berupa Pulsa, Paket Data, Saldo eMoney, PPOB, PLN, dan lain-lain yang bisa meningkatan pendapatan koperasi. 

Fitur lainnya yaitu inventory management system yang dilakukan secara digital untuk mengurangi kesalahan pencatatan transaksi dan terintegrasi baik secara offline (e-commerce) maupun offline (POS). Pengembangan ini diharapkan dapat membawa angin segar bagi lebih dari 15.000 anggota KopKar Gobel – Panasonic. AVIANA menargetkan pendapatan hingga seperempat triliun rupiah sampai akhir tahun 2023 melalui solusi ini.

“Koperasi karyawan merupakan salah satu bagian paling krusial dalam berjalannya sebuah perusahaan, dimana kami melihat masih banyak sekali penggembangan teknologi yang bisa dilakukan untuk meningkatan kesejahteraan karyawan. Maka dari itu, kami akan terus gencar dalam melakukan digitalisasi koperasi sebagai salah satu misi kami di Aviana,” ujar Direktur Utama Aviana, Panji Pramana dikutip 15 Desember 2022.

Sementara itu, Direktur Komersial Aviana Fajar Indrayanto menambahkan, koperasi sendiri sejak dulu sudah memiliki sistem organisasi dan loyalty yang sangat baik melalui Sisa Hasil Usaha, dan solusi Aviana ini diharapkan akan meningkatkan minat karyawan terutama para milenial dan generasi Z dalam melakukan transaksi di koperasi yang akan memberikan keuntungan baik di koperasi itu sendiri serta anggota koperasi yang tergabung didalamnya.

“Kami sangat antusias dengan adanya Kerjasama ini Bersama dengan Aviana dalam membantu melakukan peningkatan kualitas operasional dari segi teknologi. Kami merasa dengan adanya implementasi solusi koperasi dari Aviana, isu atau permasalahan seperti human error yang diakibatkan oleh input manual dan kesalahan-kesalahan lain dapat dibenahi. Saya berharap ini bisa menjadi awal permulaan untuk digitalisasi koperasi karyawan di seluruh Indonesia demi kesejahteraan yang lebih baik,” tambah Ketua Umum Koperasi Karyawan Kelopmbok Gobel – Panasonic, Mustar Kai.

PT Aviana Sinar Abadi, melalui IRSX merupakan perusahaan pengemban Total Digital Hub yang menghubungkan bisnis dengan teknologi. Berdiri sejak tahun 2013, Aviana mempunyai pengalaman intensif dalam sektor teknologi dan sudah menghubungkan teknologi dengan lebih dari 1,200 digital partner di Indonesia. Melalui ekosistem digitalnya, Aviana sudah mengelola lebih dari 180 juta transaksi perbulannya dan membuka lebih dari 450,000 digital UMKM di Indonesia. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]