Internasional

IMF Proyeksikan The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga di Akhir Tahun

Jakarta – Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) memproyeksikan bahwa Sentral Amerika atau Federal Reserve akan menurunkan suku bunga jelang akhir tahun.

“Kami memperkirakan bahwa The Fed akan berada pada posisi untuk menurunkan suku bunganya menjelang akhir tahun ini, dan penilaian tersebut terus dipertahankan,” kata Juru bicara IMF Julie Kozack, dilansir VOA Indonesia, Jumat, 12 Juli 2024.

Menurutnya, proyeksi penurunan suku bunga mengacu pada laporan Departemen Tenaga Kerja yang dirilis pada Kamis (11/7), menunjukkan Indeks Harga Konsumen (IHK) AS turun 0,1 persen pada bulan Juni. Kondisi ini merupakan penurunan bulanan pertama dalam empat tahun terakhir.

Baca juga : Di Pertemuan IMF dan World Bank, Bos BI Tekankan Pentingnya Bauran Kebijakan

Ia juga mencatat, pertumbuhan AS “sangat kuat” dan belanja federal yang besar untuk bantuan COVID-19 dan investasi di bidang infrastruktur, energi ramah lingkungan, dan semikonduktor akan memberikan dampak positif yang bertahan lama terhadap perekonomian AS.

Namun, pihaknya mengulangi saran kebijakan tahunan IMF baru-baru ini agar Amerika Serikat mengendalikan akumulasi utangnya.

Baca juga : Bos IMF Ingatkan ASEAN Bisa Alami Kerugian Gara-Gara Ini

“Saat ini defisit fiskal terlalu tinggi, dan inilah saatnya, terutama ketika perekonomian sedang kuat, untuk mengambil tindakan agar rasio utang terhadap PDB berada pada jalur penurunan yang signifikan. Dan hal ini memerlukan serangkaian langkah fiskal yang luas,” jelasnya.

IMF memperkirakan pembayaran bunga bersih AS atas utang federal diperkirakan mencapai 3,2 persen dari produk domestik bruto pada tahun fiskal 2024, yang berakhir pada 30 September, naik dari 2,4 persen pada tahun fiskal 2023 karena suku bunga yang lebih tinggi. 

“Rasio ini akan tetap tinggi bahkan dalam jangka menengah karena defisit dan tingkat utang yang lebih tinggi, “ pungkasnya. (*)

Editor : Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

12 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

14 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

14 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

14 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

15 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

1 day ago