Market Update

IHSG Pekan Ini Diproyeksi Sideways Cenderung Melemah, Sentimen Berikut jadi Pemicu

Jakarta – Ajaib Sekuritas memproyeksikan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada pekan ini, 4 hingga 8 September 2023 akan bergerak sideways cenderung melemah dalam rentang 6.850-7.050.

“Namun, jika IHSG mengalami koreksi, momentum tersebut bisa dijadikan peluang untuk akumulasi saham disaat harganya sedang terdiskon,” ucap Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, dalam risetnya dikutip, 4 September 2023.

Baca juga: IHSG Sempat Sentuh Level 7.000, Ini 3 Sektor Pendongkraknya

Ratih melihat, sentimen yang perlu dicermati oleh pelaku pasar adalah inflasi tahunan yang tercatat 3,27 persen pada Agustus 2023 yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 3,08 persen, di mana dipengaruhi oleh harga beras yang meningkat dan menyebabkan volume produksi turun di tengah kuatnya potensi domestik.

“Sentimen lainya, pelaku pasar berpotensi mengambil langkah profit taking setelah IHSG mengalami penguatan dalam tiga bulan beruntun sejak Juni hingga Agustus 2023,” imbuhnya.

Selain itu, Bursa Efek Indonesia (BEI) per hari ini akan memberlakukan kembali Auto Rejection Bawah (ARB) simetris, dimana dampak negatifnya adalah fluktuasi harga saham yang signifikan, apalagi saham tersebut memiliki pembobotan cukup besar di IHSG.

Meskipun, terdapat beberapa sentimen negatif, pasar dapat mencermati sentimen global terkait dengan keputusan suku bunga The Fed pada FOMC 20-21 September mendatang yang diproyeksikan tetap pada level 5,25-5,50 persen.

Baca juga: Mandiri Sekuritas Ramal IHSG Bisa Capai Level Segini di Akhir Tahun

Adapun, optimisme tersebut sejalan dengan data tenaga kerja yang telah mereda, dimana tingkat pengangguran pada Agustus 2023 telah naik menjadi 3,8 persen dari bulan sebelumnya sebesar 3,5 persen, meskipun non farm payroll tercatat 187 ribu, lebih tinggi dari bulan sebelumnya 157 ribu.

Perlu diketahui, secara historis IHSG dalam 10 tahun terakhir pada periode September cenderung mengalami koreksi dengan probabilitas 60 persen dan rata-rata return sebesar minus 1,32 persen, dan sejak awal tahun 2023 IHSG telah mengalami kenaikan 1,85 persen ytd ke level 6.977 per 1 September 2023. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

18 mins ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

20 mins ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

51 mins ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen di Akhir 2024

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,1 persen secara… Read More

1 hour ago

KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan RI Masih Terjaga di Triwulan III 2024

Jakarta – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan bahwa sistem keuangan Indonesia tetap terjaga hingga triwulan III… Read More

2 hours ago