Market Update

IHSG Pekan Ini Diproyeksi Bergerak Sideways, Cermati Penyebabnya

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada pekan lalu, tepatnya 12-16 Juni 2023, secara kumulatif menguat 0,06% atau ditutup pada level 6.698, di mana katalis positif datang dari kebijakan The Fed menahan suku bunga pada level 5,00-5,25%.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, melihat bahwa IHSG pada pekan ini masih terlihat wait and see, sehingga pada 19-23 Juni 2023, IHSG diproyeksikan bergerak sideways dalam rentang 6.660 hingga 6.700.

“Pekan depan katalis yang berpotensi memengaruhi pergerakan IHSG adalah Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang diprokesikan akan tetap menahan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di level 5,75%,” ucap Ratih dalam risetnya dikutip, 19 Juni 2023.

Dirinya melihat, bahwa suku bunga pada level 5,75% tersebut telah berjalan sejak Januari 2023, pertimbangan BI dalam hal menahan suku bunga adalah karena Bank Sentral di beberapa negara, khususnya The Fed masih belum benar-benar memberikan sinyal dovish.

“Meskipun jika melihat tren inflasi tahunan secara domestik telah turun ke level 4% yoy pada Mei 2023, lebih rendah dari periode sebelumnya sebesar 4,33% yoy, sekaligus berada dalam target BI sebesar 2-4%,” imbuhnya.

Selain sentimen suku bunga BI, katalis yang dapat mempengaruhi pergerakan pasar ekuitas di minggu ini adalah testimoni Chairman The Fed, Jerome Powell di hadapan kongres untuk memberikan arah kebijakan moneter serta prospek ekonomi Amerika Serikat ke depan.

Kemudian di sisi lain, sektor yang masih menarik dicermati adalah sektor consumer primer dan non primer di tengah landainya harga komoditas dan inflasi yang terjaga.

Adapun, sektor basic materials juga menarik dalam jangka pendek, hal ini dikarenakan Bank Sentral China (PBoC) memangkas suku bunga acuan seven-day reverse repurchase rate sebesar 10 bps ke level 1,9%.

Pemangkasan suku bunga tersebut diharapkan dapat menjadi asa untuk membangkitkan kembali pertumbuhan ekonomi China, sehingga berpotensi meningkatkan ekspor non migas nasional. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

4 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

4 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

5 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

6 hours ago