Market Update

IHSG Kembali Dibuka Terkoreksi 0,19%

Jakarta – Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB (27/2) indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali memasuki zona merah pada level 6.843 atau melemah 0,19%.

Berdasarkan statistik RTI Business pada perdagangan hari ini, sebanyak 700 juta saham diperdagangkan, dengan frekuensi perpindahan tangan sebanyak 34 ribu kali, serta total nilai transaksi tercatat mencapai Rp164 miliar.

Kemudian, tercatat terdapat 107 saham terkoreksi, sebanyak 129 saham menguat dan sebanyak 321 saham tetap tidak berubah.

Sebelumnya, Surya Fajar (SF) Sekuritas, melihat IHSG berpotensi mengalami pelemahan pada perdagangan hari ini dengan level support 6.830 dan 6.755, serta resistance 6.920.

“IHSG membentuk shooting star pada penutupan perdagangan kemarin, secara tren lower high juga terbentuk setelah menutup gap atas dan berakhir pullback,” tulis tim riset SF Sekuritas dalam riset harian di Jakarta, 27 Februari 2023.

Untuk sentimen pasar pada hari ini cenderung variatif, tekanan kembali muncul dari rilis inflasi PCE Amerika yang sebesar 0,6% mom atau lebih tinggi dari ekspektasi konsensus sebesar 0,4% mom.

Di sisi lain, pekan ini pasar akan mencerna rilis inflasi Indonesia dan mengharapkan inflasi dapat terkendali di bawah tingkat suku bunga acuan. Selain itu, pasar juga masih menantikan beberapa perusahaan yang akan merilis kinerja keuangan.

Dari sisi global, bursa Amerika bergerak turun pada perdagangan Jumat lalu. Pasar merespon rilis data inflasi inti PCE (personal consumption expenditure) yang sebesar 0,6% mom di bulan Januari. Angka ini lebih tinggi dibandingkan konsensus yang mengharapkan inflasi sebesar 0,4% mom.

Kekhawatiran tersebut muncul karena angka ini berpotensi untuk membuat the Fed kembali menaikkan suku bunga acuan. Sedangkan, bursa Eropa bergerak melemah pada perdagangan Jumat lalu dan pasar merespon rilis kinerja dari beberapa perusahaan. Sementara itu, bursa Asia bergerak variatif pada perdagangan Jumat lalu.

Adapun, IHSG berakhir menguat pada perdagangan jumat lalu. Dibuka gap up namun cenderung bertahan dan bergerak sideways hingga akhir perdagangan. TLKM dan ASII menopang penguatan terbatas IHSG, denga TLKM menguat 1,76%, ASII menguat 1,77%, kemudian CPO menguat sejalan dengan penguatan harga CPO Global dengan AALI menguat 1,2%, LSIP menguat 2,8%, dan BWPT menguat 3,1%. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

1 hour ago

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas dalam Serangan Israel

Jakarta – Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dikabarkan tewas dalam serangan yang dilancarkan militer Israel di… Read More

1 hour ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

2 hours ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

2 hours ago

Bank Mega Syariah Umumkan Pemenang Program Berkah Berlimpah Mega Syariah Tahap Tiga

Jakarta – Bank Mega Syariah mengumumkan sebanyak 71 nasabah beruntung terpilih sebagai pemenang program Berkah Berlimpah Mega… Read More

2 hours ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

3 hours ago