Market Update

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta – Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali dibuka menguat 0,44 persen ke level 7.769,12 dari dibuka pada level 7.735,03.

Berdasarkan statistik RTI Business pada perdagangan hari ini, sebanyak 229,39 juta saham diperdagangkan, dengan frekuensi perpindahan tangan sebanyak 14 ribu kali, serta total nilai transaksi mencapai Rp208,46 miliar. 

Kemudian, tercatat terdapat 50 saham terkoreksi, sebanyak 196 saham menguat dan sebanyak 234 saham tetap tidak berubah.

Baca juga: IHSG Berpotensi Melemah Setelah Reli 5 Hari

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih melihat IHSG secara teknikal pada hari ini diprediksi bergerak variatif dalam rentang level 7.660 hingga 7.780. 

“Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup menguat 1,13 persen atau plus 86,09 poin ke level 7.735. IHSG hari ini diprediksi bergerak mixed dalam range 7.660-7.780,” ucap Ratih dalam risetnya di Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2024.

Ratih menyoroti, IHSG secara week to date (wtd) menguat 2,85 persen, Kamis, 17 Oktober 2024 dan IHSG meningkat dalam lima hari beruntun setelah berhasil bertahan di atas level support 7.450.

“Katalis positif dalam negeri, di antaranya surplus neraca dagang dalam 53 bulan beruntun, menguatnya nilai tukar, dan rilis susunan kabinet pemerintahan baru,” imbuhnya.

Baca juga: IHSG Ditutup Melejit 1,13 Persen, Efek Sri Mulyani Come Back jadi Anggota Kabinet Prabowo

Optimisme Pasar Meningkat

Di sisi lain, optimisme pelaku pasar meningkat terhadap kondisi ekonomi domestik setelah rilis calon anggota kabinet pemerintahan baru yang tecermin dari inflow investor asing di pasar ekuitas domestik senilai Rp1,22 triliun, Kamis kemarin. 

Sejalan dengan inflow investor asing, saham Big Banks yang juga terapresiasi menjadi penopang pergerakan IHSG. Bank Indonesia (BI) melaporkan pertumbuhan kredit pada September 2024 sebesar 10,85 persen yoy, serta berada dalam target BI pada kisaran 10-12 persen.

Adapun dari mancanegara, Bursa Wall Street ditutup bervariasi di tengah momentum musim rilis laporan keuangan.

Baca juga: Bocoran Susunan Menteri Kabinet Prabowo, Lihat Daftar Lengkapnya di Sini

Sementara, penjualan ritel (retail sales) Amerika Serikat (AS) pada September 2024 tumbuh 1,7 persen yoy atau menjadi pertumbuhan paling lambat sejak Januari 2024.

Sinyal perlambatan tersebut memberikan dorongan bagi The Fed untuk melanjutkan pemangkasan suku bunga dalam pertemuan November dan Desember mendatang. (*)

Editor: Yulian Saputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

11 mins ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

50 mins ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

Bank Mega Syariah Umumkan Pemenang Program Berkah Berlimpah Mega Syariah Tahap Tiga

Jakarta – Bank Mega Syariah mengumumkan sebanyak 71 nasabah beruntung terpilih sebagai pemenang program Berkah Berlimpah Mega… Read More

2 hours ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

2 hours ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

4 hours ago