Market Update

IHSG Kembali Dibuka Menghijau 0,20%

Jakarta – Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB (10/5) indeks harga saham gabungan (IHSG) akhirnya kembali dibuka pada zona hijau pada level 6.793 atau menguat 0,20%.

Berdasarkan statistik RTI Business pada perdagangan hari ini, sebanyak 476 juta saham diperdagangkan, dengan frekuensi perpindahan tangan sebanyak 21 ribu kali, serta total nilai transaksi tercatat mencapai Rp232 miliar.

Kemudian, tercatat terdapat 75 saham terkoreksi, sebanyak 190 saham menguat dan sebanyak 244 saham tetap tidak berubah.

Sebelumnya, Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, melihat IHSG pada hari ini diprediksi bergerak mixed dalam rentang 6.733 hingga 6.800.

Ratih menjelaskan dari sisi domestik Bank Indonesia (BI) telah melaporkan hasil survei konsumen periode April 2023 berada pada level 126,1, lebih tinggi dibanding periode sebelumnya yang tercatat di level 123,3.

β€œHal tersebut mencerminkan optimisme konsumen terhadap ekonomi Indonesia masih cukup kuat,” ucap Ratih dalam risetnya di Jakarta, 10 Mei 2023.

Dirinya menambahkan bahwa, pada April 2023, meningkatnya konsumsi masyarakat juga dipicu oleh momentum Ramadan dan Hari Raya Lebaran seiring dicabutnya pembatasan sosial PPKM.

Sedangkan, dari mancanegara China mencatat neraca dagang periode April 2023 surplus sebesar USD90,21 miliar, lebih tinggi dibanding perolehan periode sebelumnya yang tercatat surplus sebesar USD88,19 miliar.

Sehingga, kinerja ekspor China pada April 2023 tumbuh 8,5%, sedangkan kinerja impor pada periode April 2023 tercatat negatif 7,9% di tengah melemahnya permintaan dalam negeri dan penurunan harga komoditas, di sisi lain Unemployement Rate di Korea Selatan pada April 2023 tercatat 2,6%, lebih rendah dibanding periode sebelumnya 2,7%. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

8 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

9 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

9 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan β€“ Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

9 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

10 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

11 hours ago