Market Update

IHSG Kembali Dibuka Menghijau 0,11%

Jakarta – Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (23/5) indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali memasuki zona hijau pada level 6736,77 atau menguat 0,11% dari dibuka pada level 6729,64 di awal perdagangan hari ini.

Berdasarkan statistik RTI Business pada perdagangan hari ini, sebanyak 270 juta saham diperdagangkan, dengan frekuensi perpindahan tangan sebanyak 18 ribu kali, serta total nilai transaksi tercatat mencapai Rp223 miliar.

Kemudian, tercatat terdapat 90 saham terkoreksi, sebanyak 160 saham menguat dan sebanyak 246 saham tetap tidak berubah.

Sebelumnya, Ajaib Sekuritas melihat IHSG secara teknikal hari ini diprediksi bergerak mixed dalam range 6.662–6.777, di mana pada perdagangan kemarin (22/5) IHSG ditutup menguat sebesar 0,43% atau 29,08 poin di level 6.729,65.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, menjelaskan bahwa, sentimen positif tersebut berasal dari anggaran APBN untuk pembangunan infrastruktur hingga akhir April 2023 yang telah digelontorkan sebesar Rp59,7 triliun.

“Sementara anggaran infrastruktur melalui Kementerian Perhubungan telah terealisasi sebesar Rp8,2 triliun,” ucap Ratih dalam risetnya di Jakarta, 23 Mei 2023.

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun menargetkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dapat mencapai kisaran 60% hingga akhir tahun 2023, di mana hingga Mei 2023, pembangunan IKN telah mencapai 29%.

Adapun, dari mancanegara, People’s Bank of China (PBOC) Kembali mempertahankan suku bunga acuan Loan Prime Rate (LPR) bertenor satu tahun di level 3,65% dan suku bunga LPR dengan tenor lima tahun di level 4,30%.

Hal tersebut sesuai dengan konsensus pasar dan PBOC telah mempertahankan suku bunga LPR pada level yang sama selama sembilan bulan beruntun setelah pemangkasan suku bunga LPR pada Agustus 2022.

Sementara itu, Indeks Keyakinan Konsumen Korea Selatan pada periode Mei 2023 tercatat di level 98, meningkat dibanding periode sebelumnya yang tercatat di level 95,1. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Kisi-kisi OJK akan Kondisi Perbankan Pasca Pemangkasan BI Rate

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa penurunan suku bunga acuan atau BI Rate akan memengaruhi… Read More

3 hours ago

Jokowi Terima 10 Nama Calon Pimpinan dan Dewas KPK, Pansel: Berasal dari Aspirasi Publik

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menerima nama-nama calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan… Read More

4 hours ago

Soal Kasus Dugaan Gratifikasi IPO, OJK Tegaskan Pegawainya Tak Terlibat

Jakarta - Kasus dugaan gratifikasi lima karyawan Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam melakukan penawaran umum… Read More

5 hours ago

Allianz Life Gandeng Bank HSBC Luncurkan Produk Asuransi Baru, Simak Manfaatnya

Jakarta - PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank… Read More

5 hours ago

Ini yang Dilakukan OJK-Kominfo dalam Persempit Ruang Gerak Judi Online

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan tengah berupaya… Read More

7 hours ago

OJK Ungkap Alasan Pertumbuhan DPK Lebih Rendah Dibanding Kredit

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengungkapkan penyebab pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK)… Read More

9 hours ago