Market Update

IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah, Berikut Sentimennya

Jakarta – Ajaib Sekuritas memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknikal akan bergerak mixed dan cenderung melemah dalam rentang 7.150 hingga 7.235 pada hari ini (11/1). 

“Pada perdagangan Rabu (10/1), IHSG ditutup naik 0,38 persen atau plus 27,09 poin di level 7.227. IHSG hari ini (11/1) diprediksi bergerak mixed cenderung melemah dalam range 7.150-7.235,” ucap Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih dalam IHSG Daily Analysis di Jakarta, 11 Januari 2024.

Baca juga: BEI Targetkan Investor Pasar Modal Syariah Tembus 1 Juta di 2024, Begini Jurusnya

Ratih melihat sentimen yang memengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain, Bank Indonesia (BI) yang melaporkan penjualan ritel (retail sales) pada November 2023 tumbuh 2,1 persen yoy, lebih lambat dibandingkan Oktober 2023 sebesar 2,4 persen yoy dan secara bulanan, penjualan ritel tumbuh 0,2 persen.

“Sementara, BI turut memproyeksikan penjualan ritel pada Desember 2023 meningkat 4,8 persen mom seiring momentum libur Nataru,” imbuhnya.

Di sisi lain, meskipun investor asing masih tercatat beli bersih, namun volume sudah mulai terbatas sebesar Rp85,87 miliar pada Rabu (10/1). 

Selain itu, mulai terbatasnya inflow tersebut sejalan dengan imbal hasil US Treasury kembali naik dalam jangka pendek ke level 4,0 persen dibandingkan pada akhir Desember 2023 sebesar 3,8 persen.

Baca juga: Awas! OJK Diam-Diam Nyamar jadi Intel di Warung Kopi, Gali Informasi Pasar Modal

Sedangkan dari mancanegara, tensi Geopolitik di Timur Tengah berimbas pada disrupsi pasokan minyak mentah. Gangguan tersebut akibat serangan di laut merah, hingga penutupan ladang minyak Sharara dengan kapasitas 300 ribu barel per hari (bpd) di Libya berdampak pada kenaikan harga energi. Konflik tersebut juga berpotensi menaikkan inflasi, sehingga tingkat suku bunga tetap tinggi. 

Adapun dari Asia, Indeks Bursa Jepang, Nikkei 225 mencatatkan kenaikan tertinggi dalam 34 tahun terakhir pada Rabu (10/1). Nikkei 225 melonjak 2,01 persen ke level 34.441 di tengah kekhawatiran pelaku pasar terhadap data inflasi Amerika Serikat (AS). (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Dukung Inklusi Keuangan, CIMB Niaga Dorong Nasabah Manfaatkan Platform Digital

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus berupaya mendukung inklusi keuangan dengan… Read More

17 mins ago

Anak Buah Sri Mulyani Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Timur Tengah ke APBN

Jakarta – Eskalasi konflik di Timur Tengah dikhawatirkan dapat berdampak terhadap perekonomian global. Di domestik, berdasarkan data… Read More

1 hour ago

Jadi Anggota DPR Terkaya, Segini Kekayaan Bos Lion Air Rusdi Kirana

Jakarta – Pengusaha sekaligus pendiri Lion Air, Rusdi Kirana telah resmi dilantik menjadi wakil ketua… Read More

1 hour ago

Respons Sri Mulyani soal Pemda Diduga Manipulasi Data Inflasi Demi Insentif

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku bahwa telah bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian… Read More

2 hours ago

Deflasi 5 Bulan Beruntun Tak Bikin Pemerintah Resah, Ini Alasannya

Jakarta – Perekonomian Tanah Air mengalami deflasi selama 5 bulan berturut-turut atau sejak Mei 2024. Adapun BPS… Read More

3 hours ago

IHSG Sesi I Lanjut Melemah 0,58 Persen ke Level 7.500

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (4/10) kembali… Read More

3 hours ago