Market Update

IHSG Diproyeksi Menguat Terbatas, Ini Faktor Pendorongnya

Jakarta – Pilarmas Investindo Sekuritas melihat indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknikal hari ini (6/10) akan berpotensi mengalami penguatan terbatas dengan level support 6.870 dan level resistance 6.915.

“Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat IHSG berpotensi menguat terbatas dengan support dan resistance di level 6.870 – 6.915,” tulis manajemen dalam market review di Jakarta, 6 Oktober 2023.

Baca juga: IHSG di Oktober Cenderung Menguat, Bank KBMI 4 jadi Penopang?

Pilarmas menyatakan bahwa, pasar sedang menanti rilis data cadangan devisa pada September 2023 yang diproyeksikan secara konsensus mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Di mana diproyeksi cadangan devisa pada September sebesar USD136 miliar atau turun dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar USD137,1 miliar.

“Penurunan ini diprediksi disebabkan oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah dan kebutuhan stabilisasi nilai tukar mata uang sebagai respons terhadap meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global,” imbuhnya.

Meskipun, cadangan devisa mengalami pertumbuhan melambat, namun posisi cadangan devisa dapat dikatakan masih memadai di mana posisi cadangan tersebut setara dengan pembiayaan sekitar kurang lebih enam bulan dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Baca juga: PEFINDO dan BEI Luncurkan IDX-PEFINDO Prime Bank, Ini Daftar Sahamnya

Hal ini tentunya memberikan indikasi cadangan devisa yang dimiliki Indonesia masih mampu mendukung ketahanan sektor ekternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dengan demikian resiliensi Indonesia masih terjaga di tengah ketidakpastian dan peningkatan risiko global. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

2 hours ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

15 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

15 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

15 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

18 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

19 hours ago