Market Update

IHSG Diprediksi Menguat, Sentimen Ini Jadi Pendorongnya

Jakarta – Ajaib Sekuritas memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknikal diprediksi bergerak menguat dalam rentang 7.100 hingga 7.186 pada hari ini (7/5). 

“Pada perdagangan Senin (6/5), IHSG ditutup naik 0,02 persen atau plus 1,16 poin di level 7.135,89. IHSG hari ini (7/5) diprediksi bergerak menguat dalam range 7.100-7.186,” ucap Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih dalam IHSG Daily Analysis di Jakarta, 7 Mei 2024.

Ia melihat sentimen yang memengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain adalah respons positif pelaku pasar terhadap solidnya perekonomian nasional yang memicu penguatan IHSG.

Baca juga: Pasca Kenaikan BI Rate 6,25 Persen, Bagaimana Peluang Pasar Obligasi di RI? 

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi (PDB) tahunan Indonesia pada kuartal I-2024 tumbuh 5,11 persen, realisasi PDB tersebut lebih tinggi dari kuartal sebelumnya sebesar 5,04 persen.

Dari sisi pengeluaran, komponen LNPRT memiliki pertumbuhan tertinggi sebesar 24,29 persen yoy sejalan dengan momentum politik dan hari besar keagamaan, konsumsi pemerintah tumbuh 19,9 persen yoy juga seiring dengan penyelenggaraan pemilu pada periode tersebut, dan komponen konsumsi dengan pembobotan paling besar terhadap PDB tumbuh 4,91 persen yoy.

Sedangkan dari mancanegara, Indeks Harga Produsen (PPI) di Kawasan Eropa terkoreksi 7,8 persen yoy pada Maret 2024. Penurunan tersebut sejalan dengan revisi pada Februari 2024 yang terkoreksi 8,5 persen yoy, selain itu harga energi turun dan bahan produksi juga mengalami penurunan. 

Baca juga: Perdagangan Hanya Tiga Hari, IPOT Rekomendasikan 3 Saham Trading Ini

Adapun dari Asia, India Ratings and Research (Ind-Ra) merevisi pertumbuhan ekonomi (PDB) tahunan India menjadi 7,1 persen dari proyeksi awal 6,5 persen di tahun 2025. 

Prospek pertumbuhan yang membaik didukung oleh belanja pemerintah, penurunan neraca leverage korporasi dan sektor perbankan, serta belanja modal (capex) korporasi yang sedang ekspansif. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

2 hours ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Gedung Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

3 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

3 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

4 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

4 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

5 hours ago