Market Update

IHSG Diprediksi Menguat, Sentimen Berikut Pemicunya

Jakarta – Ajaib Sekuritas memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknikal diprediksi bergerak menguat dalam rentang 7.050 hingga 7.180 pada hari ini (24/4). 

“Pada perdagangan Selasa (23/4), IHSG ditutup naik 0,52 persen atau plus 36,99 poin di level 7.110. IHSG hari ini (24/4) diprediksi bergerak menguat dalam range 7.050-7.180,” ucap Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih dalam IHSG Daily Analysis di Jakarta, 24 April 2024.

Ratih menyatakan, IHSG kembali rebound setelah dua hari beruntun terkoreksi, di mana penguatan IHSG sejalan dengan pergerakan Bursa Wall Street hingga Bursa Asia (Hang Seng dan Nikkei). 

Baca juga: Sektor Perbankan Masih Jadi Pendorong Utama IHSG, Ini Buktinya

“Meskipun outflow investor asing masih terjadi sebesar Rp127,91 miliar (23/4), namun jumlahnya terbatas jika dibandingkan pada hari sebelumnya,” imbuhnya.

Lalu, sentimen yang memengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain adalah Bank Indonesia (BI) yang melaporkan kenaikan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Februari 2024 sebesar 1,4 persen yoy menjadi USD 407,3 miliar. 

Posisi ULN tersebut setara dengan 29,5 persen terhadap PDB dan didominasi oleh ULN jangka panjang. Pelaku pasar juga mencermati rapat RDG BI hari ini yang berpotensi menahan suku bunga BI-Rate di level enam persen.

Adapun, dari mancanegara, penjualan rumah baru tipe single family di Amerika Serikat (AS) pada Maret 2024 tumbuh 8,8 persen mom menjadi 693 ribu unit, serta merupakan perolehan tertinggi dalam enam bulan terakhir.

Baca juga: Seberapa Jauh Imbas Konflik Israel-Iran ke Pasar Keuangan? Begini Penjelasan Syailendra Investment

Sementara, data awal PMI manufaktur AS periode April 2024 berada di level kontraksi sebesar 49,9, turun dari bulan sebelumnya yang berada di level ekspansif sebesar 51,9. 

Sementara dari Asia, inflasi tahunan Singapura pada Maret 2024 tercatat 2,7 persen, lebih terkendali dari bulan sebelumnya sebesar 3,4 persen, sekaligus perolehan terendah sejak September 2021. Bank Sentral Singapura (MAS) memproyeksikan inflasi di tahun 2024 pada kisaran 2,5-3,5 persen. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

2 hours ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

2 hours ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

2 hours ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

3 hours ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

3 hours ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

3 hours ago