Market Update

IHSG Diprediksi Bergerak di Level 6.985-7.035, Cek Rekomendasi Sahamnya

Jakarta – Ajaib Sekuritas memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) akan bergerak mixed dalam rentang 6.985 hingga 7.035 pada hari ini (7/9).

“Pada perdagangan kemarin (6/9) IHSG ditutup menguat sebesar 0,06 persen atau naik 4,24 poin di level 6.995,95. IHSG hari ini diprediksi bergerak mixed dalam range 6.985–7.035,” ucap Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, dalam IHSG Daily Analysis di Jakarta, 7 September 2023.

Ratih melihat sentimen yang memengaruhi pergerakan IHSG hari ini, antara lain adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN telah menghasilkan beberapa kesepakatan kerja sama di berbagai sektor.

“Antara lain di bidang maritim, transisi energi, infrastruktur, smart cities, e-commerce, dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta kerja sama yang menjadikan pertanian sebagai mesin pertumbuhan baru untuk membangun ketahanan pangan,” imbuhnya.

Baca juga: Kinerja Emiten dari 3 Sektor Ini Paling Moncer di Semester I 2023

Sehingga, total proyek Indonesia yang ditawarkan dalam ASEAN Indo-Pasifik tersebut mencapai sebesar Rp489 triliun.

Sedangkan, dari mancanegara, kinerja ekspor Amerika Serikat (AS) tumbuh 1,6 persen menjadi USD251,6 miliar dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat USD247,7 miliar.

Kinerja impor AS tercatat meningkat sebesar 1,7 persen menjadi USD316,7 miliar, tumbuh dibanding periode sebelumnya yang tercatat USD311,5 miliar.

Sementara itu, neraca dagang AS mengalami defisit USD65 miliar lebih besar dari defisit periode sebelumnya sebesar USD63,7 miliar.

Adapun, Ajaib Sekuritas merekomendasikan beberapa saham untuk perdagangan hari ini, diantaranya MIDI, ESSA, dan AKRA.

MIDI
Buy: 456
TP: 470
Stop loss: 436
Membentuk bullish engulfing candle indikasi bullish continuation, bergerak di atas MA 5, 20 dan 50 nya. volume up signifikan, MACD bar histogram dalam momentum positif.

Prospek kinerja MIDI kedepan kian positif seiring dengan rencana ekspansi penambahan 500 gerai lawson. MIDI berencana mengalokasikan belanja modal atau CAPEX sebesar Rp1,6 triliun pada 2023. Selain itu, MIDI memiliki pertumbuhan bisnis yang kuat tercermin dari earning per share yang terus naik dan memiliki valuasi yang menarik dimana PBV nya 6,80x, lebih rendah dibanding peers.

ESSA
Buy: 670
TP: 690
Stop loss: 635

Mencoba breakout resistance double bottom pattern, bergerak diatas MA 5,20, 50 dan 100. Volume naik, stochastic bergerak keatas dan MACD bar histogram pada area positif.

Kinerja ESSA pada kuartal II 2023 mencatat laba bersih sebesar Rp59,8 miliar. ESSA melakukan ekspansi bisnis mengenai pengembangan produksi blue ammonia nya. Rusia yang berpartisipasi dalam Black Sea Grain Initiative (BSGI) dapat memicu kenaikan harga komoditas pangan dunia sehingga hal tersebut menjadi katalis positif  untuk ESSA karena berpotensi memicu kenaikan harga ammonia.

Baca juga: IHSG Sempat Sentuh Level 7.000, Ini 3 Sektor Pendongkraknya

AKRA
Buy: 1495
TP: 1.555
Stop loss: 1.470

Bullish harami candle, volume up signifikan. Stochastic pada area overbought dan MACD bar histogram dan line berada pada momentum positif.

Bisnis penjualan lahan AKRA di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) sangat potensial. Adapun target pendapatan hasil penjualan tanah tersebut sebesar Rp2 triliun hingga akhir tahun 2023. Pada semester I-2023, penjualan tanah berkontribusi sebesar Rp520,39 miliar dari total pendapatan sebesar Rp19,71 triliun. (*)

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

8 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

8 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

9 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

9 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago