Market Update

IHSG Dibuka Menguat 0,14% ke Level 6.673

Jakarta – Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.01 WIB (27/6) indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali dibuka menguat ke level 6673,85 atau menguat 0,14% dari dibuka pada level 6664,66 pada perdagangan hari ini.

Berdasarkan statistik RTI Business pada perdagangan hari ini, sebanyak 441 juta saham diperdagangkan, dengan frekuensi perpindahan tangan sebanyak 22 ribu kali, serta total nilai transaksi tercatat mencapai Rp262 miliar.

Kemudian, tercatat terdapat 108 saham terkoreksi, sebanyak 171 saham menguat dan sebanyak 251 saham tetap tidak berubah.

Sebelumnya, BNI Sekuritas melihat IHSG secara teknikal closing di level 6.664, di atas 5 day Moving Average (6.663) dengan trend bearish, indikator MACD bearish, Stochastic netral, candle one white soldier.

Kemudian, investor asing mencatatkan Net Foreign Buy sebesar Rp113,53 miliar. Sehingga dalam sepekan, tercatat Net Foreign Sell sebesar Rp1,33 triliun dan Net Foreign Buy Rp16,04 triliun secara ytd.

“Level resistance berada 6.703/6.738 dengan support 6.627/6.600,” ujar Retail Research Analyst BNI Sekuritas, Maxi Liesyaputra dalam risetnya di Jakarta, 27 Juni 2023.

Pada perdagangan kemarin (26/6) sebagian besar bursa di kawasan regional Asia Pasifik mencatat koreksi setelah pada Jumat lalu bursa Amerika Serikat melemah cukup signifikan. Sedangkan bursa China SSE Composite Index dan Shenzhen Index mengalami koreksi yang tajam masing-masing 1,48% dan 1,68%.

Di sisi lain IHSG menguat 0,38% dan Singapura melaporkan industrial production minus 10,8% yoy pada Mei 2023, di bawah perkiraan, serta hari ini Hong Kong akan menyampaikan neraca perdagangan per Mei 2023.

Sedangkan, pada indeks Dow Jones Industrial Average ditutup melemah sebesar 0,04%, begitu juga dengan S&P 500 yang turun sebesar 0,45%, sementara indeks Nasdaq terkoreksi sebesar 1,16%, melihat hal itu investor menjual saham-saham perusahaan teknologi yang outperform tahun ini.

Adapun, koreksi pada beberapa raksasa teknologi berkontribusi terhadap penurunan tajam Nasdaq. Nvidia, Alphabet, dan Meta Platforms masing-masing turun lebih dari 3%. Di sisi lain bursa Eropa bergerak variatif, seperti FTSE 100 terkoreksi 0,11% sementara CAC 40 naik 0,29%. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Menilik Tantangan-Peluang Perajin Batik di Era Industri yang Menggeliat

Jakarta – Industri batik di Tanah Air menggeliat di tengah tantangan besar dari sisi produktivitas dan… Read More

1 hour ago

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

2 hours ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

3 hours ago

Nasib Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Ada di Tangan Prabowo

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong keberlanjutan program Kartu Prakerja di masa kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo… Read More

3 hours ago

Merangkap Jadi Menaker, Airlangga Siapkan Rencana Kenaikan UMP Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemban tugas baru sebagai Ad Interim (tugas sementara) Menteri… Read More

3 hours ago

Pahami 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Investasi Ilegal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal atau bodong di… Read More

4 hours ago