Market Update

IHSG Dibuka Melemah 0,36 Persen ke Level 7.476

Jakarta – Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (8/10), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah pada level 7.476,91 atau turun 0,36 persen dari level 7.504,13.

Berdasarkan statistik RTI Business pada perdagangan IHSG hari ini, sebanyak 1,01 miliar saham diperdagangkan, dengan frekuensi perpindahan tangan sebanyak 35 ribu kali, serta total nilai transaksi tercatat mencapai Rp366,29 miliar. 

Kemudian, tercatat terdapat 104 saham terkoreksi, sebanyak 147 saham menguat dan sebanyak 242 saham tetap tidak berubah. 

Baca juga: IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Ini Sentimen Pendorongnya

Sebelumnya, Head of Research Retail BNI Sekuritas, Fanny Suherman, mengatakan bahwa, hari ini IHSG berpotensi untuk mencoba break resistance di level 7.560 dan jika gagal masih memiliki tendensi untuk koreksi lebih lanjut.

“Dengan level support IHSG 7.400-7.440 dan level resistance IHSG 7.520-7.550,” ucap Fanny dalam risetnya di Jakarta, 8 Oktober 2024.

Tiga indeks utama Wall Street ditutup turun pada perdagangan kemarin (7/10), sementara imbal hasil US Treasury naik, di mana para pelaku pasar khawatir dampak konflik Timur Tengah terhadap harga minyak. 

Hal ini terlihat dari Indeks Dow Jones turun 0,94 persen menjadi 41.954,24, S&P 500 turun 0,96 persen menjadi 5.695,94, dan Nasdaq Composite turun 1,18 persen menjadi 17.923,90.

Sementara, para investor menanti laporan pendapatan kuartal III dan data ekonomi terbaru dan juga bersiap menghadapi badai besar lainnya, Milton yang diperkirakan akan melanda Amerika Serikat (AS) minggu ini.

Selain pertemuan Fed bulan depan, investor sedang menunggu pembacaan inflasi Indeks Harga Konsumen untuk bulan September yang akan dirilis minggu ini. 

Baca juga: Investor Simak! IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi 3 Sentimen Berikut

Sementara itu, mayoritas pasar Asia Pasifik naik menjelang keputusan tiga bank sentral, dengan Nikkei 225 Jepang memimpin kenaikan hampir 2 persen karena investor menantikan keputusan bank sentral pada minggu ini dari seluruh kawasan, yaitu Bank of Korea, Reserve Bank of New Zealand, dan Reserve Bank of India.

Adapun, berdasarkan perkiraan, BOK dan RBNZ akan menurunkan suku bunga, sementara RBI akan mempertahankannya. BOK diperkirakan akan menurunkan suku bunga acuan menjadi 3,25 persen dari 3,5 persen pada Jumat (11/10), sedangkan RBNZ diperkirakan akan melakukan pemotongan sebesar 50 bps menjadi 4,75 persen pada Rabu (9/10). (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Jokowi Klaim Proses Transisi ke Pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Berjalan Mulus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) update soal transisi pemerintahan ke presiden terpilih. (Foto: istimewa) Read More

4 mins ago

Jokowi: Indonesia Berpotensi jadi Negara Super Power Ekonomi Baru

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi, akan ada sejumlah negara di kawasan Asia yang… Read More

12 mins ago

Terbaru! Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia, Siapa Paling Tajir?

Jakarta – Forbes kembali merilis data terbaru orang terkaya di dunia. Ada banyak perubahan yang… Read More

19 mins ago

Soal Isu Divestasi ANZ dan Keluarga Gunawan, Begini Penjelasan Panin Bank

Jakarta - PT Bank Pan Indonesia Tbk. (PNBN) atau Panin Bank memberi penjelasan terkait isu… Read More

2 hours ago

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Ini Sentimen Pendorongnya

Jakarta –  Pilarmas Investindo Sekuritas melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal hari ini… Read More

3 hours ago

OJK Beri Izin Usaha Perusahaan Pembiayaan Dana Kini Finance

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi memberikan izin usaha kepada perusahaan pembiayaan atau multifinance… Read More

3 hours ago