Market Update

IHSG Berpotensi Menguat Terbatas, Ini Pendorongnya

Jakarta –  Pilarmas Investindo Sekuritas melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal hari ini (1/10) akan berpotensi mengalami penguatan terbatas dengan level support 7.670 dan level resistance 7.830.

“Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat IHSG berpotensi menguat terbatas dengan support dan resistance di level 7.670-7.830,” tulis manajemen dalam market review di Jakarta, 1 Oktober 2024.

Pilarmas menyoroti, sentimen global yang akan memengaruhi IHSG adalah sentimen pasar Tiongkok, di mana terdapat beberapa detail yang menjadi perhatian, antara lain 7 Days RR akan diturunkan dari 1,7 persen menjadi 1,5 persen.

Lalu, rasio persyaratan cadangan atau RRR akan diturunkan hingga 0,5 persen untuk mencapai likuiditas 1 triliun Yuan, namun Bank Sentral China belum menyebutkan kapan pemangkasan RRR akan dilakukan. Pemangkasan RRR sendiri tidak akan berlaku untuk bank kecil. 

Baca juga: BEI: Jumlah Investor Saham Tembus 6 Juta SDI

Kemudian, rasio uang muka minimum untuk pembelian rumah kedua dipangkas dari sebelumnya 25 persen menjadi 15 persen, dengan suku bunga lending prime rate dan suku bunga deposito akan turun sebesar 0,2-0,25 persen, serta Bank Sentral Tiongkok akan membeli kembali rumah yang belum terjual dengan pendanaan murah.

“Sejauh ini kami melihat bahwa pemangkasan tingkat suku bunga The Fed juga sudah membantu Bank Sentral China untuk mulai memangkas tingkat suku bunga mereka, namun bagi kami yang penting adalah detail stimulus yang jelas dan kapan hal tersebut akan dilakukan,” imbuhnya.

Di tengah gegap gempitanya stimulus yang diberikan, hal ini telah memberikan kepercayaan diri pelaku pasar dan investor bahwa Tiongkok tengah berbenah untuk menyelamatkan perekonomiannya, saat ini beberapa pasar saham di berbagai negara juga sudah berada di level yang cukup tinggi, sehingga mengurangi daya tarik.

Pasar saham dan obligasi Tiongkok yang mengalami koreksi sejak awal tahun, tentu akan menjadi menarik karena bauran kebijakan baik fiskal maupun moneter sehingga terlihat lebih menjanjikan.

Dari domestik, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah kelas menengah di Indonesia mengalami penurunan drastis, dengan 9,48 juta orang berisiko turun ke kelas menengah rentan atau kelompok rentan miskin. 

Baca juga: Cek Sektor Saham Potensial Cuan Usai BI dan The Fed Pangkas Suku Bunga

Padahal di tahun 2019, terdapat 53,33 juta orang di kelas menengah, namun jumlah ini menurun menjadi 47,85 juta pada 2024, BPS menyatakan bahwa pandemi Covid-19 adalah salah satu penyebab utama penurunan ini. 

“Kami menilai, penurunan kelas menengah ini menjadi perlu menjadi perhatian pemerintah sebab proporsi kelas menengah terhadap populasi tercatat menurun dari sebelumnya 21,45 persen pada tahun 2019, menjadi 17,13 persen di tahun ini,” ujar Pilarmas.

Dalam hal ini pemerintah diharapkan segera melakukan upaya untuk membantu pertumbuhan pada kelas menengah, dikarenakan kelas menengah mampu menjadi tumpuan perekonomian Indonesia. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Ternyata Segini Gaji dan Tunjangan Anggota DPR yang Dilantik Hari Ini

Jakarta – Sebanyak 580 anggota DPR RI periode 2024-2029 resmi dilantik di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 1 Oktober… Read More

17 mins ago

Strategi Cawapres Vance dan Walz Jelang Debat Pilpres AS: Perhatian Khusus pada Isu Ekonomi-Aborsi

Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat dari Partai Republik, JD Vance, dan rivalnya… Read More

58 mins ago

580 Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Bakal Dilantik Hari Ini

Jakarta – Pelantikan anggota DPR RI terpilih 2024-2029 berlangsung hari ini, Selasa (1/10). Diketahui, jumlah… Read More

1 hour ago

Agar Pertumbuhan PDB 8 Persen, Presiden Prabowo Harus Galak Kepada Koruptor

Oleh Karnoto Mohamad, Wakil Pemimpin Redaksi Infobank BANYAK program dan ambisi besar dari pemerintahan yang… Read More

3 hours ago

Awal Oktober, IHSG Dibuka Rebound ke Level 7.560

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (1/10) Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

3 hours ago

Dukung Pariwisata di Pulau Pahawang, SMF Gandeng Bumdes Lakukan Ini

Lampung - PT Sarana Griya Finansial (SMF) menjalankan peran sebagai special mission vehicle (SMV) Kementerian… Read More

3 hours ago