Market Update

IHSG Berpotensi Menguat, 2 Hal Ini jadi Sentimennya

Jakarta – Pilarmas Investindo Sekuritas melihat indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknikal hari ini (30/8) akan berpotensi mengalami penguatan dengan level support 6.932 dan level resistance 6.991.

“Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat IHSG potensi menguat dengan support dan resistance di level 6.932-6.991,” tulis manajemen dalam market review di Jakarta, 30 Agustus 2023.

Pilarmas melihat sentimen yang akan memengaruhi IHSG datang dari data ketenagakerjaan di Amerika Serikat (AS) yang mengalami penurunan, dimana US JOLTS Job Openings turun dari sebelumnya 9,16 juta menjadi 8,82 juta.

“Persepsi positive akhirnya kembali merebak di pasar, dimana ada kemungkinan The Fed mampu mempertahankan tingkat suku bunganya pada pertemuan bulan September mendatang karena data ketenagakerjaan mendukung hal tersebut,” imbuhnya.

Baca juga: Mandiri Sekuritas Ramal IHSG Bisa Capai Level Segini di Akhir Tahun

Tidak hanya itu, pada kuartal IV-2023 nanti masih akan menjadi penentu, sejauh mana pasar saham dan obligasi akan menguat karena persepsi akan kenaikkan tingkat suku bunga yang mulai kian terbatas yang memberikan dorongan bagi pasar saham dan obligasi.

Adapun, selain AS, China juga memberikan sentimen, dimana perbankan China tengah bersiap untuk menurunkan tingkat suku bunga pinjaman dan pinjaman yang memiliki deposito.

Pengumuman penurunan dikabarkan akan disampaikan pada hari Selasa mendatang, dimana China akan mengurangi sebagian besar pinjaman senilai CNY38,6 triliun atau USD5.3 triliun, yang akan berdampak pada pinjaman rumah pertama, Industrial & Commercial Bank of China Ltd. dan China Construction Bank Corp. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

6 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

7 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

14 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

15 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago