News Update

IHSG Bergerak Menguat ke Level 4.577

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga siang ini, Jumat, 3 April 2020 bergerak positi, dengan ditutup melonjak 46.10 poin atau 1,02% ke level 4,577.79. Sebelumnya, indeks dibuka naik 17.25 poin ke level 4,549.21.

Aksi beli saham diberbagai sektor, menjadi salah satu penopang indeks bisa menguat hingga siang ini. Hal ini merespon sentimen positif dari penguatan bursa AS semalam.

Mengutip riset Samuel Sekuritas Indonesia, indeks S&P 500 tercatat naik +2.28%, Dow Jones naik +2.24%, dan Nasdaq naik +1.72%. Sementara itu 10Y US Treasury akhir pekan ini berada di level 0.603%, masih bergerak sideways.

Hal itu didorong oleh rencana Presiden Trump yang tengah melakukan usaha untuk menstabilkan harga minyak global dengan melakukan kontak dengan timur tengah, berharap Saudi Arabia menurunkan produksi minyak sebesar 10 juta barrel per hari.

Di pasar domestik, IHSG sendiri ditutup naik pada perdagangan kemarin, naik +1.47% ke level 4,531.6 dengan net sell Asing sebesar Rp 384.3 miliar. Bank Indonesia menyatakan cadangan devisa akhir Maret turun ke level USD 121 miliar dari sebelumnya USD 130.4 miliar pada akhir Februari.

Penurunan ini disebabkan oleh pembayaran pinjaman luar negeri pemerintah, dan usaha menstabilkan Rupiah di tengah besarnya capital outflow. Indeks EIDO ditutup positif +5.50% semalam.

“Kami memperkirakan penguatan IHSG masih dapat berlanjut hari ini,” jelast tim riset Samuel Sekuritas Indonesia. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Perluas Layanan Nasabah, Bank INA Buka Kantor Cabang Pembantu di BSD

Jakarta - Bank INA yang merupakan bagian dari Salim Group melanjutkan ekspansi layanan bisnisnya dengan… Read More

2 hours ago

Dukung Bulan Inklusi Keuangan, CIMB Niaga Ajak Pelajar Tour de Bank

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei (kedua kiri) bersama Deputi Direktur… Read More

3 hours ago

Prof Soedradjad Djiwandono, Patriot dan Begawan Ekonomi yang Aktif Menulis

Jakarta - Profesor J. Soedradjad Djiwandono MSc MA PhD adalah pribadi luar biasa yang rendah… Read More

7 hours ago

Antrean IPO Turun Jelang Jokowi Pensiun, BEI Bilang Begini

Jakarta - Jumlah perusahaan antre penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek… Read More

16 hours ago

Cara OJK Tingkatkan Inklusi Keuangan dan Ekonomi Masyarakat

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menunjukannya komitmennya dalam mendorong pengembangan dan penguatan industri… Read More

18 hours ago

FEB UI Anugerahi eks Gubernur BI Soedradjad Djiwandono Penghargaan Wirakarya Adhitama

Depok - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menganugerahkan penghargaan Wirakarya Adhitama kepada… Read More

18 hours ago