Market Update

IHSG Akan Bergerak di Level 6.834-6.924, Sentimen Berikut jadi Pemicu

Jakarta – Pilarmas Investindo Sekuritas melihat indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknikal hari ini (14/8) akan berpotensi memasuki fase konsolidasi dengan adanya peluang pelemahan pada level support 6.834 dan level resistance 6.924.

“Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat IHSG memasuki fase konsolidasi dengan potensi melemah dengan support dan resistance 6.834-6.924. Ada potensi penguatan tapi tipis,” tulis manajemen dalam market review di Jakarta, 14 Agustus 2023.

Kemudian, Pilarmas menyatakan bahwa terdapat beberapa sentimen yang akan mempengaruhi IHSG selama sepekan ini dipicu dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Ramalan dalam sepekan ini akan kita awali dari Indonesia yang tentu saja akan menantikan data ekonomi mengenai ekspor dan impor yang meskipun masih mengalami penurunan tapi sudah jauh lebih lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya, data ekonomi Indonesia akan keluar pada tanggal 15 August 2023 pekan ini,” ucap manajemen dalam risetnya di Jakarta, 14 Agustus 2023.

Baca juga: Bos OJK Beberkan Kunci Pengembangan Pasar Modal Indonesia

Selanjutnya dari Amerika Serikat (AS), dimana saat ini data penting yang akan sangat dinantikan adalah terkait data penjualan ritel dan pertemuan FOMC meeting minutes yang akan menjadi perhatian pelaku pasar dan investor ke depannya.

“FOMC meeting minutes akan menjadi arah selanjutnya, terkait dengan tingkat probabilitas The Fed dalam menyikapi situasi dan kondisi yang ada saat ini. FOMC meeting minutes akan keluar pada tanggal 17 August mendatang,” imbuhnya.

Sedangkan, dari Eropa dan Jepang, menjadi negara yang akan memegang kunci untuk menyelamatkan pergerakan pasar pekan ini, dipicu dari data pertumbuhan ekonomi yang akan keluar pada tanggal 16 Agustus mendatang dan pertumbuhan ekonomi secara qoq diproyeksikan oleh Pilarmas  akan tumbuh 0,2-0,5 persen dan secara yoy akan tumbuh 0,4-0,6 persen.

Tidak hanya itu, namun data inflasi juga akan keluar pada 18 Agustus mendatang, dimana secara mom Pilarmas melihat akan mengalami penurunan dan akan bermain di rentang minus 0,1-0,2 persen dan secara yoy inflasi akan berkisar 5,3-5,5 persen, serta inflasi inti diperkirakan akan bergerak di kisaran 5-5,5 persen.

Adapun, Pilarmas hari ini merekomendasikan saham PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), PT Panin Financial Tbk (PNLF), dan PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN). (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

35 mins ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

1 hour ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

8 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

9 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

22 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

23 hours ago