News Update

Ignasius Jonan Raih Penghargaan Bintang Mahaputera dari Jokowi

Jakarta – Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan 2014-2016 dan Menteri ESDM 2016-2019 mendapatkan penghargaan Bintang Maha Putera dari pemerintah Republik Indonesia, hari ini Rabu 11 November 2020. Selain Jonan, penerima penghargaan yang diserahkan Presiden Joko Widodo di Istana Negara tersebut diantaranya Susi Pudjiastuti mantan Menteri Kelautan, dan Rudiantara mantan Menteri Kominfo. Sementara Gatot Nurmantyo mantan Panglima TNI yang menjadi Deklarator KAMI tidak bersedia hadir untuk menerima penghargaan tersebut.

Ignasius Jonan adalah nama yang populer di dunia korporasi Indonesia baik di lingkungan BUMN maupun sektor keuangan. Dengan pengalaman dan gaya kepemimpinan yang khas, Jonan yang membangun karir di Citibank ini berhasil merubah budaya saat memimpin Kereta Api Indonesia (KAI) pada 2009-2014 yang kinerjanya pas-pasan dan pelayanannya buruk menjelma menjadi perusahaan BUMN yang memiliki kinerja pelayanan dan keuangan yang sangat baik. Sebagai Menteri ESDM, Jonan menjadi tokoh kunci di balik berhasilnya pemerintah Indonesia meningkatkan  sahamnya di Freeport Indonesia dari 9% menjadi 51%.

“saya bersyukur mendapatkan Bintang Mahaputera Utama dari negara walaupun sumbangsih saya sangat masih jauh dari harapan,” ujar Jonan kepada Infobanknews di Jakarta, Rabu, 11 November 2020.

Saat ini, Jonan menjabat sebagai Komisaris di Unilever dan merupakan salah satu anggota Dewan Pakar Infobank dan secara rutin aktif mengisi kolomnya yang berjudul From Jonan di Majalah Infobank. Menurut kalangan bankir dan pemimpin bisnis di lembaga keuangan dan BUMN, tulisan Jonan sangat menarik dan inspiratif karena selalu menambah referensi tentang apa yang dipikirkan berdasarkan pengalamannya sendiri ketika memimpin korporasi dan institusi publik.

Selain Ignasius Jonan SE CPA MA, nama-nama prominient dan memiliki reputasi tinggi yang menjadi Dewan Pakar Infobank adalah Agus Martowardojo SE, Prof Ari Kuncoro Phd, Pradjoto SH MA, Prof Dr Didiek Rachbini, Ir Raden Pardede Phd, Dr Ir Krisna Wijaya, dan Sigit Pramono SE MBA. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Tingkatkan Layanan Digital, Bank Banten Hadirkan Fitur Pembayaran QRIS di Jawara Mobile

Tangerang – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk terus meningkatkan fitur di aplikasi mobile banking,… Read More

30 mins ago

Perbaiki Tata Kelola, Pembiayaan KB Bukopin Finance Melonjak 193,99 Persen per September 2024

Jakarta – Upaya perbaikan yang dilakukan KB Bukopin Finance (KBBF) selama dua tahun terakhir berbuah… Read More

48 mins ago

Legislator Sebut Pertamina Mampu Dukung Swasembada Energi, Ini Alasannya

Jakarta - Anggota Komisi XII DPR Eddy Soeparno optimistis Pertamina mampu mendukung upaya Pemerintahan Prabowo… Read More

2 hours ago

Selamatkan Sritex! Prabowo Perintahkan Empat Menteri “Turun Gunung”

Jakarta - Presiden Prabowo Subianto memerintahkan empat menteri Kabinet Merah Putih 'turun gunung' untuk mengkaji… Read More

2 hours ago

Gojek Tingkatkan Literasi Keuangan Mitra, Tekankan Bahaya Judi Online

Jakarta - Platform transportasi online, Gojek sebagai bagian dari grup PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk… Read More

18 hours ago

Indonesia Ingin Gabung BRICS, CSIS: Kita Sudah Anggota G20

Jakarta - Indonesia dikabarkan membuka peluang untuk bergabung dengan BRICS, kelompok negara yang terdiri dari… Read More

19 hours ago