IFC Bank Bakal Masuki Bisnis Syariah di RI

IFC Bank Bakal Masuki Bisnis Syariah di RI

Saat ini IFC berkeinginan untuk masuk ke bisnis syariah Indonesia dan sedang mencari bank syariah yang fokus ke mikro. Rezkiana Nisaputra

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku, International Finance Corporation (IFC) yang merupakan anak usaha Bank Dunia (World Bank) tengah mencari bank syariah nasional yang membutuhkan pendanaan untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK, Mulya E. Siregar, di Jakarta, Jumat, 11 September 2015. “Jadi, saat ini IFC World Bank ingin masuk ke bank syariah. Mereka sedang mencari bank yang cocok,” ujarnya.

Lebih lanjut Mulya menegaskan, bahwa dalam upaya pemberian bantuan pendanaan ke bank syariah nasional, IFC tidak terfokus pada salah satu bank swasta maupun BUMN. “Jadi, mereka mencari yang cocok dengan target mereka. Karena, IFC fokusnyakan ke mikro,” tukas dia.

Sedangkan terkait dengan keinginan Islamic Development Bank (IDB) yang juga ingin berencana masuk ke industri perbankan syariah Indonesia, kata Mulya, sejauh ini pihaknya belum bisa mendapatkan laporan resmi dari pihak IDB.

Sebagaimana diketahui, rencana IFC tersebut sejalan dengan keinginan PT Bank Muamalat Tbk yang akan memperkuat pembiayaan dengan mengajukan pinjaman ke IFC sebesar USD60 juta. (*)

Related Posts

News Update

Top News