Teknologi

ICS Compute Raih Kompetensi DevOps dari Amazon Web Services

Jakarta – PT Innovation Cloud Services, atau lebih dikenal dengan nama ICS Compute menjadi mitra lokal (local partner) pertama di Indonesia yang meraih kompetensi DevOps dari Amazon Web Services (AWS), anak perusahaan Amazon.com yang menyediakan platform cloud computing dan Application Programming Interface (API).

ICS Compute yang pada Desember ini baru genap berusia lima tahun merupakan perusahaan sistem integrator yang berfokus pada layanan cloud computing di Indonesia. Tren digitalisasi yang dilakukan banyak perusahaan, terutama sejak pandemi COVID-19 turut berdampak positif bagi perkembangan ICS Compute. berdasarkan data firma riset pasar Global View Research, nilai pasar transformasi digital global pada 2021 sudah mencapai US$608 miliar dan akan melaju secara CAGR 23,1% dalam kurun 2022-2030.

Di Indonesia, pertumbuhan digitalisasi pada perusahaan di berbagai sektor juga tumbuh secara masif. Dengan expertise di bidang cloud computing, ICS Compute berperan membantu perusahaan-perusahaan dalam melakukan transformasi digital berbasis cloud computing.

Chief Executive Officer (CEO) ICS Compute, Budhi Wibawa menjelaskan, sejumlah layanan yang disediakan perusahaanya mulai dari migrasi beban kerja dari on-premise ke sistem cloud, migrasi SAP, modernisasi aplikasi, penggunaan data analytics, pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), hingga pengembangan DevOps.

“Itu selaras dengan visi kami, yaitu Re-Invent and Go-Beyond, di mana ICS Compute ingin membawa berbagai inovasi terkini dengan menggunakan solusi cloud computing sekaligus memaksimalkan fungsi advanced dari cloud computing itu sendiri, bukan hanya sebagai infrastruktur teknologi informasi semata,” ujarnya di Jakarta, Rabu, 7 Desember 2022.

Seperti diketahui, layanan DevOps (Development and Operations) menjadi salah satu pilar krusial dalam proses transformasi digital bagi banyak perusahaan. Layanan DevOps mampu mengautomasi sistem bisnis, mempercepat proses deployment-nya, dan memudahkan penanganan troubleshooting jika ada.

Nilai pasar layanan DevOps juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Mengacu laporan Allied Market Research, jika nilai pasar DevOps global pada 2020 tercatat sebesar US$6,78 miliar, pada 2030 angkanya diperkirakan naik menjadi US$57,90 miliar alias tumbuh secara CAGR sebesar 24,2% selama periode analisis 2021-2030.

“Sebagai AWS Partner Network yang memiliki kompetensi di bidang layanan DevOps, komitmen kami terhadap pelanggan cukup besar. Hal itu dapat dilihat dari seluruh karyawan yang terlibat 100% sudah tersertifikasi,” tegas Budhi.

Sejauh ini ICS Compute sudah melayani lebih dari 300 perusahaan dari berbagai sektor, mulai dari startup, UKM, hingga perusahaan skala nasional. Ke depan, Budhi mengatakan bahwa ICS Compute akan terus mengejar berbagai kompetensi lainnya agar dapat memberikan layanan yang komprehensif dan ter-update.

“Dengan begitu, pasar Indonesia, mulai dari perusahaan kecil hingga besar, tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi global yang memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi penggunanya,” pungkasnya. (*) Ari Astriawan

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Dukung Ekosistem Syariah, CIMB Niaga Kembali Gelar Haya Festival 2024

Jakarta - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) kembali menyelenggarakan… Read More

2 hours ago

Memahami Pelonggaran Kebijakan Moneter The Fed

Oleh Ryan Kiryanto, Ekonom Senior dan Associate Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia MOMEN presentasi tiga… Read More

2 hours ago

BCA Digital Belum Ingin Keluarkan Produk Paylater: Kami Fokus Bantu Kelola Keuangan

Jakarta - Produk buy now pay later (BNPL) atau paylater mulai digandrungi oleh pelaku industri… Read More

2 hours ago

Bos BRI Kasih Bocoran Laba Bersih Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memproyeksikan laba bersih di kuartal III… Read More

2 hours ago

LPEI Dorong UMKM ‘Naik Kelas’ di TEI 2024, Berikut Daftarnya

Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) terus berupaya mendorong pelaku usaha untuk ‘naik kelas’ dan… Read More

2 hours ago

Lanjut Melemah, IHSG Ditutup Terkoreksi Sebanyak 0,74 Persen

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Rabu, 9 Oktober 2024, ditutup… Read More

3 hours ago