IBPA Akan Terbitkan Indeks Harga MTN

IBPA Akan Terbitkan Indeks Harga MTN

Denpasar – Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) akan menerbitkan harga patokan untuk setiap medium term notes (MTN) yang diterbitkan. Menurut direksi IBPA, hal ini dilakukan karena tidak adanya harga acuan untuk produk MTN di pasar sekunder.

Wahyu Trenggono, Direktur IBPA, mengatakan, untuk bisa menerbitkan harga acuan tersebut, pihaknya sedang mengajukan izin ke pihak regulator, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). Dia optimistis bahwa harga acuan ini akan bisa dikeluarkan pada kuartal terakhir tahun ini.

Berbeda dengan obligasi yang sudah memiliki pasar tersendiri, MTN justru seakan tidak memiliki peminat yang agresif. Menurut Wahyu, peminat MTN masih sangat sedikit, sehingga hal ini dimanfaatkan oleh para investor.

(Baca juga : BJB Segera Terbitkan MTN Lebih Dari Rp1 Triliun)

“Banyak (investor) yang melakukan asumsi untuk menentukan harga MTN. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi laporan akhir tahun mereka. Kami ingin harganya jelas, sehingga investor juga tidak merasa dirugikan terhadap harga yang tidak jelas,” jelasnya sesaat setelah Workshop Wartawan Pasar Modal.

Dia berharap, setelah indeks harga acuan MTN ini keluar, akan ada peringkat yang bisa dijadikan acuan. Tidak hanya itu, hal ini juga akan mampu memperdalam pasar keuangan di dalam negeri.

“Harga acuan ini juga akan membantu penerbit MTN dalam menentukan harga perdana. Selain itu, di pasar primer juga akan lebih likuid karena harganya sudah jelas. Tidak hanya jual beli, MTN ini nanti juga ada kemungkinan untuk bisa di-repo-kan sehingga membantu memperdalam pasar keuangan,” pungkasnya. (*) Indra Haryono

Related Posts

News Update

Top News