Perbankan

IBI Bentuk Tim Formatur Untuk Susun Anggota Periode 2023-2027

Jakarta – Ikatan Bankir Indonesia (IBI) menyetujui pemilihan tim formatur untuk menyusun anggota, badan pengurus dan badan pengawas IBI periode 2023 – 2027 mendatang.

Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia (IBI), Haryanto T. Budiman mengatakan, hal ini sesuai dengan tata tertib dan anggaran rumah tangga IBI.

“Sesuai dengan tata tertib dan anggaran rumah tangga IBI, anggota tim formatur berjumlah 3 orang,” ujar Haryanto dalam Rapat Umum Anggota IBI 2023, Selasa 4 Juli 2023.

Adapun nama komisaris PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) Agus D. W. Martowardojo diusulkan sebagai Ketua tim formatur merangkap sebagai anggota. Kemudian, IBI juga merekomendasikan bos PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) yakni Jahja Setiaatmadja dan bos PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) Darmawan Junaidi sebagai anggota tim formatur.

Baca juga: OJK Benarkan Utang Pinjol Warga DKI Rp10,5 T, Tertinggi di Daerah Ini

Apakah kiranya Bapak /Ibu/anggota dan hadirin yang kami hormati dapat menyetujui usulan kami secara musyawarah untuk mufakat?, tanya Ketua Umum IBI. “Setuju,” jawab Anggota IBI.

“Oleh karena tidak ada yang berkeberatan dapat disimpulkan bahwa rapat menyetujui usulan tim formatur secara musyawarah dan mufakat,” tegas Haryanto.

Haryanto pun menambahkan, hingga 30 Agustus 2023, tim formatur bertugas untuk membentuk badan pengurus dan badan pengawas IBI dan akan berakhir setelah ditetapkannya pengurus dan pengawas.

“Para pengurus dan pengawas pada masa tersebut memiliki status bersifat demisioner,  dimana tidak memiliki kekuasaan untuk memberikan kebijakan, namun tetap menjalankan tugas sehari-harinya,” ucapnya.

Nama Haryanto T. Budiman digadang-gadang menjadi calon kuat untuk dipilih kembali menjadi Ketua IBI untuk periode 2023-2027. Apalagi, Haryanto yang memiliki peran besar di industri perbankan tanah air, menjadi sosok paling pantas untuk memimpin IBI. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Irawati

Recent Posts

Simak! Berikut Langkah Kunci Rekomendasi BPKP Terkait Penguatan Tata Kelola BUMN

Jakarta - Plt Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh membeberkan sejumlah… Read More

1 hour ago

Rusia Serang Balik AS, Aset JP Morgan dan Mellon Dibekukan hingga Rp5,6 Triliun

Jakarta - Pengadilan Arbitrase Wilayah Moskow membekukan dana Bank New York Mellon AS (NYSE:BK) yang… Read More

2 hours ago

Walz vs Vance Memanas dalam Debat Cawapres AS, Singgung Konflik di Timur Tengah

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Tim Walz mempertanyakan kapabilitas… Read More

3 hours ago

BUMN Business Forum 2024: Ini Dia 55 BUMN Terbaik Versi The Asian Post 2024

Jakarta - Sebanyak 55 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianugerahi penghargaan "The Best State Owned… Read More

3 hours ago

Kominfo Luncurkan Sistem Kebencanaan, Notifikasi bakal Muncul di SMS hingga TV

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun sistem Early Warning System (EWS) dan Disaster Prevention… Read More

3 hours ago

Pemerintah Siapkan Aturan Perlindungan bagi Pengemudi Ojol

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berencana akan mengkaji aturan terkait pengemudi ojek online (ojol).… Read More

3 hours ago