News Update

I Jonan: Pandemi Jadi Kesempatan Untuk Melakukan Transformasi

Jakarta – Krisis akibat COVID-19 telah membuat situasi berubah dan penuh kesulitan, sehingga harus direspon bagi perusahaan, lembaga lain hingga negara. Namun, menurut Ignasius Jonan, pandemi ini justru menjadi momentum bagi para pelaku bisnis untuk melakukan transformasi.

“Pandemic adalah alasan yang sangat kuat untuk men-transform bisnis untuk menghadapi tantangan baru yang akan segera muncul,” ujarnya saat mengisi Public Workshop bertema “Design Thinking For Bankers: Strategi To Face The New Normal” yang diselenggarakan Infobank Institute pada 9 Juni 2020.

Jonan menambahkan, dunia sudah berubah dan perusahaan-perusahaan yang melakukan reform atau transform saat mereka sedang berada di puncak lebih berhasil.

Bankir senior yang pernah memimpin Kereta Api Indonesia (2009-2014), Menteri Perhubungan (2014-2016), dan Menteri ESDM (2016-2019), ini mencontohkan daftar perusahaan besar di dunia.

“Sepuluh tahun yang lalu kalau kita lihat daftar 10 perusahaan terbesar di dunia itu terdiri dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya alam. Sekarang, hampir semua itu perusahaan di bidang teknologi, tidak ada satupun perusahaan sumber daya alam yang masuk di dalam 10 largest companies in the world,” paparnya.

Namun, di balik keberhasilan perusahaan seperti Apple, Google, Microsoft, atau Amazon, banyak faktor yang seringkali tidak dilihat orang.

“Padahal apa yang dianggap sukses itu, di baliknya ada good habits, persistence, expense, manajemen waktu, focus, pengorbanan, dan macam-macam. Success is like an iceberg, what people don’t see, banyak yang orang tidak dilihat orang,” jelas Jonan.

Dan yang lebih penting lagi adalah faktor kepemimpinan. “Dibutuhkan leadership yang sangat-sangat kuat, karena tidak ada perusahaan menjadi besar kalau leadership yang medium. Dan kalau kita bicara tentang design thinking, tantangan yang paling penting adalah timing, cara berpikir kita itu sesuai dengan kebutuhan zaman, bahkan Kalau perlu mendahului,” jelas Jonan. KM

Dwitya Putra

Recent Posts

Semester I-2024, Industri Asuransi Umum Catat Premi Rp53,54 Triliun

Jakarta - Industri asuransi umum di Indonesia mencatat pertumbuhan yang cukup positif di semester I-2024.… Read More

28 mins ago

Warga RI Ramai ‘Makan Tabungan’, Bos BNI Bilang Begini

Jakarta – Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI, Royke Tumilaar… Read More

46 mins ago

IHSG Ditutup Anjlok 2,20 Persen ke Level 7.527

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (30/9) berakhir ditutup merosot ke… Read More

58 mins ago

INDEF Ungkap Penghambat Penerapan Ekonomi Sirkular di RI

Jakarta – Kepala Center of Industry, Trade, and Investment INDEF, Andry Satrio Nugroho membeberkan sejumlah penghambat RI… Read More

1 hour ago

Penambahan Stok BBM saat MotoGP Dorong Ekonomi Daerah

Jakarta – Upaya PT Pertamina (Persero) meningkatkan stok semua jenis bahan bakar minyak (BBM) hingga… Read More

2 hours ago

Bursa Asia Bergerak Mixed Hari Ini, Berikut Penyebabnya

Jakarta - Pada perdagangan hari ini, Senin, 30 September 2024, indeks-indeks bursa Asia bergerak mixed,… Read More

2 hours ago