Moneter dan Fiskal

Hore! Jokowi Bakal Cairkan Lagi BLT Rp200 Ribu Mulai Februari 2024

Jakarta – Pemerintah akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Bantuan ini diberikan sebagai mitigasi risiko pangan untuk menggantikan program El-nino sebelumnya.

Adapun, BLT ini akan diberikan sebesar Rp200 ribu per bulannya pada periode Februari-Maret 2024. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan BLT akan dievaluasi setiap tiga bulan.

Baca juga: Jokowi Pastikan Penyaluran BLT El Nino Rp400 Ribu Berjalan Lancar

“BLT dengan judul mitigasi risiko pangan untuk tiga bulan dan itu akan dievaluasi tiga bulan lagi dan tiga bulan pertama diberikan nanti sekitar bulan Februari besarnya Rp200 ribu per bulan. Ini menggantikan program El-Nino yang tahun kemarin diberikan di akhir tahun sebesar Rp200 ribu per bulan juga pada waktu itu selama dua bulan atau Rp400 ribu,” ujar Airlangga dalam Konferensi Pers, Senin, 29 Januari 2024.

Airlangga menjelaskan, bahwa bantuan tersebut berbeda dengan bantuan pangan beras yang diberikan kepada 22 KPM sebanyak 10 kilogram sampai dengan Juni 2024.

Baca juga: Cara Cek Penerima dan Pencairan BLT El Nino Rp400 Ribu, Klik Linknya di Sini!

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa BLT tersebut telah disiapkan anggaran sebesar Rp11,25 triliun. Ini akan dicairkan sekaligus pada Februari 2024.

“Kalau untuk tiga bulan itu Rp11,25 triliun, untuk 18 juta KPM. Karena kan ini sudah hampir selesai (Januari) tapi dari Kemensos untuk urusan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran)-nya dan penggunaan datanya dan appointment terhadap cost-nya. Ini tiga bulan sekaligus, nanti kita liat kesiapan dari Kemensos,” jelas Sri Mulyani. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

4 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

4 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

5 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

6 hours ago