Moneter dan Fiskal

Hingga Juli 2022, APBN Catat Surplus Sebesar Rp106 Triliun

Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat hingga akhir Juli 2022 realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022 masih menunjukkan surplus yaitu sebesar Rp106,1 triliun atau setara 0,57% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Febrio Kacaribu selaku Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu menyampaikan, surplus APBN terjadi karena pendapatan negara masih tumbuh dengan baik. Hingga Juli 2022 pendapatan negara tercatat mencapai Rp1.551 triliun dan belanja negara sudah terealisasi sebesar Rp1.444 triliun.

“Surplus terjadi karena pendapatan negara yang tumbuh cukup baik, sehingga sampai Juli 2022 APBN kita masih menghadapi surplus, bukan defisit,” kata Febrio Kacaribu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Senin, 8 Agustus 2022.

Adapun, realisasi pendapatan negara hingga Juli tumbuh sebesar 21,2% dibandingkan periode sama tahun lalu. Sedangkan belanja negara naik 13,7% dari periode sama tahun lalu.

Secara dirinci, pendapatan negara hingga Juli 2022 terdiri dari penerimaan perpajakan senilai Rp1.213 triliun atau tumbuh 24,4% secara yoy dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp337 triliun atau meningkat 11,4% secara yoy.

Selanjutnya, penerimaan perpajakan diperoleh dari penerimaan pajak yang meningkat 25,8% yoy atau Rp1.028 trilun. Serta penerimaan kepabeanan dan cukai senilai Rp185,1 triliun atau meningkat 17,7% yoy.

Kemudian, dari sisi belanja, Febrio mencatat, belanja sudah terealisasi Rp1.444,8 triliun. Realisasi tersebut terdiri dari belanja pemerintah pusat Rp1.031,2 triliun dan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) Rp413,6 triliun.

Febio melanjutkan, meskipun saat ini kondisi APBN terus menerus surplus, APBN akan tetap mengalami defisit meski pendapatan diperkirakan terus tumbuh. Sebab, belanja negara juga akan terus meningkat, termasuk pembayaran subsidi dan kompensasi BBM dan listrik.

“Sehingga proyeksi defisit APBN akan tetap ke arah 3,92 persen dari PDB pada tahun 2022 atau lebih baik,” jelasnya. (*) Irawati

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

7 mins ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

46 mins ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

2 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

2 hours ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

4 hours ago