News Update

Hingga Akhir 2019, Modal Asing Masuk Rp224,2 Triliun

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk (capital inflow) ke Indonesia selama tahun berjalan (year to date/ytd) hingga 31 Desember 2019 kemarin ini telah mencapai Rp224,2 triliun.

Gubernur BI Perry Warjiyo di Masjid Baitul Ihsan menjelaskan, dana tersebut tercatat masuk melalui berbagai instrumen pasar keuangan. Ia menilai, masuknya aliran modal asing tersebut merupakan buah dari tingginya kepercayaan investor terhadap ekonomi Indonesia.

“Alhamdulillah kita tutup 2019 dengan suatu capaian yang eksternalnya terjaga dan aliran modal asing masuk yang cukup besar,” kata Perry di Jakarta, 3 Januari 2020.

Lebih rinci lagi Perry menjelaskan, masuknya aliran modal tersebut melalui Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp168,6 triliun, pasar saham sebesar Rp72,2 triliun, obligasi korporasi sebesar Rp3 triliun, serta Sertifikat Bank Indonesia (SBI) Rp2,6 triliun.

Perry menambahkan, pekan depan BI akan mengumumkan cadangan devisa yang diprediksi akan lebih tinggi dari US$127 miliar. “Mmemang mengindikasikan Neraca Pembayaran Indonesia triwulan IV akan surplus sebagaimana terbukti dengan cadangan devisa yang naik di triwulan IV,” ujarnya.

Dirinya melihat, memasukkan aliran modal asing, juga berpengaruh pada supply dan demand yang baik untuk stabilitas nilai tukar rupiah. Menurutnya, kepercayaan pasar juga terjaga lantaran premi risiko Indonesia rendah. Hal ini dicerminkan dalam credit default swap atau CDS di pasar spot sebesar yaitu 60,6 bps. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

2 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

2 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

2 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

5 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

6 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

7 hours ago