Hindari Berita Hoax Pandemi COVID-19, Berikut Cara-Caranya

Hindari Berita Hoax Pandemi COVID-19, Berikut Cara-Caranya

Hindari Berita Hoax Pandemi COVID-19, Berikut Cara-Caranya
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Masifnya penyebaran COVID-19 membuat masyarakat perlu terus update kondisi terkini. Meskipun begitu, tak jarang beberapa oknum-oknum tak bertanggung jawab menyebarkan berita bohong (hoax) demi keuntungan pribadi. Lalu, bagaimana cara agar terhindar dari berita-berita bohong tersebut? Berikut cara-caranya.

1. Perhatikan isi dan sumber berita

Pertama, anda perlu memastikan isi dan sumber berita yang anda terima. Pastikan berita tersebut ditulis oleh sumber yang memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Hox atau berita palsu kerap kali memiliki kesalahan eja atau punya tata letak yang aneh. Bacalah dengan seksama untuk melihat tanda-tanda ini. Selain itu, periksalah sumber informasi penulis untuk memastikan sumber berita. Apabila tak ada nama penulis, kemungkinan besar berita yang anda terima adalah hoax.

2. Perhatikan judul yang mencurigakan

Kedua, pastikan judul berita yang anda terima. Hoax atau berita palsu kerap kali memiliki judul bombastis dengan huruf kapital dengan tanda seru. Jika judulnya terkesan melebih-lebihkan sesuatu, maka kemungkinan besar itu berita palsu alias hoax. Jangan lupa untuk mengecek alamat situs atau URL berita. Alamat situs atau URL palsu seringkali dibuat mirip aslinya dengan memberikan sedikit perubahan, misalnya mengganti huruf kapital ‘I’ dengan huruf kecil ‘i’, atau mengganti nol ‘0’ dengan ‘o’.

3. Cek sumber lain

Ketiga, anda dapat mengecek sumber lain apabila masih ragu. Pastikan anda mengecek dari media-media nasional terpercaya seperti infobanknews.com dan beberapa media lain. Jika tidak ada sumber berita lainnya yang melaporkan informasi yang sama, ini juga bisa menjadi indikasi informasi tersebut palsu. Jika konten tersebut dilaporkan oleh beberapa sumber yang anda percaya, maka kemungkinan informasi tersebut benar.

4. Dapatkan informasi resmi

Keempat, agar tak menerima berita palsu, anda dapat mengikuti akun-akun resmi pemerintahan. Dengan cara ini, kamu bisa yakin sepenuhnya bahwa informasi yang dibaca dan akan dibagikan merupakan kabar yang benar dan akurat. Anda dapat mengikuti sumber-sumber, seperti situs resmi Pemerintah Indonesia untuk COVID-19, Chatbot WhatsApp COVID-19 dari Kominfo di +62-811-3339-9000, dan Situs World Health Organization (WHO) untuk COVID-19.

5. Proteksi gadget dengan asuransi

Agar selalu update tentang berita COVID-19, laptop, komputer, dan handphone kesayangan anda tentu harus selalu berfungsi optimal. Agar semakin aman, lengkapi gawai anda dengan asuransi harta benda. Tak perlu bingung, anda dapat memilih Asuransi Tugu sebagai asuransi pilihan terpercaya untuk gawai. Dengan pengalaman selama lebih dari 38 tahun, Asuransi Tugu sudah berpengalaman dalam dunia asuransi.

Asuransi tugu memiliki produk asuransi kerusakan harta benda. Polis asuransi ini akan memberikan ganti rugi terhadap kerugian atau kerusakan harta benda anda yang disebabkan oleh kecelakaan yang terjadi secara tidak terduga selama berada di suatu lokasi atau saat bepergian di luar tempat.

Dengan asuransi kerusakan harta benda, kerja dari rumah anda akan semakin nyaman dan aman. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki polis asuransi kerusakan harta benda dari Asuransi Tugu. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

One Comment

  1. Hisyam

    Maka dari itu untuk membedakan mana informasi yang fakta dan hoax kita perlu mengetahui apa ciri-ciri informasi hoaks. Menurut dosen Ilmu Informasi dan Perpustakaan FISIP UNAIR setidaknya ada 5 ciri hoaks yaitu sumber yang tidak jelas, menyudutkan pihak tertentu, memaksa pembaca untuk menyebarkan informasi tersebut, apabila ada gambar ataupun video tidak tampak jelas, dan tidak ada informasi pasti kapan kejadian itu terjadi. Sumber : http://news.unair.ac.id/2020/07/23/begini-cara-bedakan-informasi-palsu-dan-fakta/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]