Jajal Bisnis Bank Digital, Sea Group Akuisisi Bank BKE

Jajal Bisnis Bank Digital, Sea Group Akuisisi Bank BKE

Jakarta – Perusahan Startup asal Singapura, Sea Limited (Sea Group) dikabarkan mengakuisisi PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE). Perusahaan induk e-commerce Shopee ini masuk menjadi salah satu pemegang saham setelah mengakuisisinya dari PT Danadipa Artha Indonesia and PT Koin Investama Nusantara melalui salah satu unitnya, yaitu Turbo Cash Hong Kong.

Bulan lalu, Sea berhasil meraup dana hampir US$3 miliar dalam penawaran saham. Dana tersebut dikabarkan akan digunakan untuk melakukan ekspansi bisnis. Seperti dikutip Bloomberg (14/1) akuisisi ini merupakan salah satu pembuktian ambisi SeaGroup untuk bergabung dalam bisnis fintech dan perbankan digital di Indonesia setelah sebelumnya mendominasi di bidang e-commerce dan mobile gaming.

Sebelumnya pada awal Desember lalu, Sea Group mendapatkan lisensi dari otoritas Singapura untuk mendirikan perbankan digital secara penuh. Pendirian bank tersebut dilakukan bersama dengan konsorsium Grab Holding Inc-Singapore Telecommunication Ltd.

Hingga saat ini, pihak Sea Group dan Bank BKE belum memberikan komentar soal akuisisi ini. Mengutip dari CNBC Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan juga tidak berkomentar tentang kabar akuisisi Bank BKE.

Meskipun demikian, perusahaan Shopee.co saat ini tengah merekrut karyawan untuk ditempatkan di departemen “SeaMoney” di Jakarta. Tidak menutup kemungkinan, perekrutan tersebut ditujukan untuk bank digital Sea Group yang baru saja diakuisisi dari Bank BKE. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.