Duh, Tak Ada Bankir di Dewan Komisioner LPS

Duh, Tak Ada Bankir di Dewan Komisioner LPS

Jakarta – Teka teki Pengganti Halim Alamsyah yang habis masa tugasnya pada 24 September 2020 mendatang sudah terjawab yakni Purbaya Yudi Sadewa. Berbeda diawal berdirinya LPS dan periode berikutnya ada Krisna Widjaya, Rudjito dan Heru Budiargo. Di periode Halim dan Purbaya, Dewan Komisioner tidak ada bankir praktisi yang benar-benar punya latar belakang bankir.

Purbaya yang merupakan lulusan ITB serta meraih doktor bidang ekonomi di Purdue University, Amerika Serikat, saat ini membantu di Kementerian Koordinator Maritim. Keputusan ini merupakan kejutan, karena di Ketua Eksekutifnya juga ekonom yang tidak pernah menahkodai perbankan, di mana kondisi perbankan saat ini sedang banjir restrukturisasi kredit.

”Saat ini dibutuhkan sosok yang tahu betul urat nadi perbankan secara langsung, sehingga tahu denyut perbankan dan bukan hanya pengamat. Bank kan sensitif dan rawan rumor. Harusnya ada bankir senior atau bankir yang sudah makan asam garam dan melalui berbagai krisis, tapi ya sudahlah semoga perbankan tidak ada gejolak dan krisis,” lanjut bankir kepada Infobank.

Menurut sejumlah bankir yang dihubungi Infobank, struktur komisioner yang minus bankir ini sangat disayangkan, karena dalam situasi perbankan yang rawan saat ini dibutuhkan sosok eksekutif dari perbankan yang bisa merasakan denyut perbankan. Plus ex-officio yang tiga orang bertanda yang kerja full waktu hanya dua orang. Namun yang terpenting kalangan bankir berharap tidak terjadi krisis.

Berikut nama-nama Dewan Komisioner LPS sesuai dengan Keppres yang akan dikeluarkan pada 20 September 2020:

  1. Purbaya Yudi Sadewa, Ketua DK
  2. Lana S, Anggota DK, merangkap Kepala Eksekutif
  3. Didik M, Anggota DK
  4. Luki Alfirman, Anggota DK ex officio Kemenkeu
  5. Destri D, Anggota DK ex officio BI
  6. Heru Kristiana, Anggota DK ex officio OJK.

Leave a Reply

Your email address will not be published.