Banking Lifesytle

Hari Bumi 2024, Mari Pilah Sampah Demi Bumi Sehat Ala blu By BCA

Jakarta – Setiap tanggal 22 April selalu diperingati sebagai Hari Bumi. Sebagai generasi muda, tentu saja momen ini bukan sekedar peringatan semata, melainkan aksi nyata untuk bertindak menjaga lingkungan dan bumi.

Ada banyak cara dilakukan untuk mengubah kebiasaan paling sederhana yakni memilah sampah yang ada di sekitar kita, mulai dari lingkungan terdekat dalam keseharian seperti rumah, kantor, atau kampus. 

Langkah kecil ini akan mempermudah pengelolaan sampah pada tahap selanjutnya dan membantu mengurangi pencemaran lingkungan hingga membantu mengurangi emisi karbon yang timbul akibat adanya penumpukan sampah. 

Untuk memulainya, Anda bisa menggolongkan sampah pada 4 jenis, yakni :

  1. Sampah Organik: Sampah yang dapat dengan mudah terurai di alam seperti sisa makanan, daun-daunan, atau ranting pohon. Sampah organik umumnya ditaruh di tempat sampah sesuai dengan instruksi yang ada agar dapat diproses menjadi pupuk kompos.
  2. Sampah Residu : Sampah sisa di luar jenis sampah di atas seperti popok bekas, pembalut, permen karet, atau puntung rokok.
  3. Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3): Sampah yang dapat membahayakan manusia, hewan, atau lingkungan sekitar. Contohnya adalah sampah kaca, kemasan detergen, dan pembasmi serangga.
  4. Sampah Anorganik : Sampah yang sulit diurai, yakni berupa sampah plastik, kaleng, styrofoam, karton, pamflet, bungkus kemasan berbahan kertas, dan buku.
  5. Sampah anorganik ini dapat disimpan untuk dijadikan kerajinan daur ulang atau diolah di pabrik. Selain itu, sampah anorganik ini dapat juga disetorkan langsung ke #bluBuatBaik Waste Station terdekat.

Head of Marketing Communications BCA Digital Ruli Himawan Nugroho mengatakan, pihaknya menyadari betul pentingnya perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah secara bijak, dimulai dari memilah sampah di lingkungan sehari-hari seperti rumah, kantor, dan kampus. 

Baca juga : blu by BCA Digital Catat Transaksi Rp181 T Sepanjang 2023, Ini Penyokongnya

Menurutnya, dengan langkah-langkah sederhana ini,  ingin mengajak untuk mengubah mindset menuju praktik reducereuserecycle dalam keseharian kita semua. 

blu by BCA Digital pun turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah dengan lebih bijak. Inisiatif #bluBuatBaik akan terus dikembangkan untuk memberikan dampak positif yang lebih luas. 

“Melalui upaya ini, kami juga berkontribusi dalam mendorong praktik ekonomi sirkular yang berdampak positif pada kelestarian lingkungan serta dalam menjaga keberlanjutan planet ini. Mari bersama-sama berbuat baik untuk bumi,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa, 23 April 2024.

Selain itu kata dia, sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi dalam menyetorkan sampah, sobatblu bisa mendapatkan poin sesuai dengan berat sampah yang sudah divalidasi. 

Baca juga : Bayar Cicilan Kendaraan Anti Ribet, blu by BCA Kolaborasi Bareng Bussan Auto Finance

Nah, poin tersebut bisa ditukar menjadi saldo uang elektronik, voucher belanja, atau disumbangkan ke pekerja pemilah sampah. Setiap kilogram sampah yang disetor, sobatblu bisa mendapatkan poin setara Rp 800, loh!

Tidak sampai disitu saja. Melalui kerjasama Rekosistem x blu, sobatblu yang telah menyetorkan sampah di #bluBuatBaik Waste Station juga bisa menukarkan Rekopoin menjadi saldo blu dengan menghubungkan akun (linkage) blu dengan akun rekosistem di aplikasi rekosistem. 

Artinya, setiap satu Rekopoint yang terkumpul, nanti bisa ditukar kembali dengan saldo blu senilai Rp1. Jadi, ini tak hanya soal peduli lingkungan saja, akan tetapi juga tentang mendapatkan manfaat sebenarnya.

Yuk, kita tunjukkan bahwa tindakan nyata bisa dimulai dari langkah kecil. Ayo bergabung bersama blu by BCA Digital untuk jaga bumi kita yang indah ini. Bersama-sama, kita bisa bikin perubahan bermakna bagi masa depan planet ini.

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Begini Tanggapan OJK Soal Jokowi Terbitkan Aturan Asuransi untuk Mantan Menteri

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2024… Read More

46 mins ago

Bank NTT Resmi Luncurkan Kartu Kredit Indonesia Berbasis GPN

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengumumkan telah mendapatkan persetujuan… Read More

59 mins ago

Marak Merchant Tolak Transaksi Uang Tunai, Begini Kata BI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa merchant atau pedagang wajib menerima pembayaran dalam bentuk uang tunai.… Read More

1 hour ago

Pacu Pertumbuhan, BCA Digital Hadirkan Layanan Valas dan Inovasi Teknologi Lewat bluValas

Jakarta - BCA Digital memperkuat posisinya di industri perbankan digital Indonesia dengan merespons kebutuhan finansial masyarakat… Read More

1 hour ago

Bergerak Variatif, IHSG Sesi I Ditutup Flat di Level 7.735

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (18/10) ditutup… Read More

4 hours ago

BI Ungkap Muncul Fenomena Masyarakat Terpaksa Kerja dengan Upah kecil

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa terjadi fenomena pergeseran tenaga kerja di berbagai daerah yang berkerja… Read More

4 hours ago