Pasar Modal

Harga Saham BREN Melonjak hingga 700 Persen, Begini Tanggapan BEI

Jakarta – Harga saham PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) tercatat terus mengalami peningkatan yang signifikan sejak resmi melantai pada Oktober lalu, yaitu sebanyak 704 persen dari harga penawaran awal Rp780 menjadi Rp6.275 per saham pada perdagangan hari ini (21/11).

Melihat pergerakan harga saham BREN yang tidak wajar tersebut, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI), Kristian Sihar Manullang, menyatakan bahwa, BEI sejauh ini terus melakukan pemantauan dan pegawasan pada pergerakan saham BREN.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Bos BEI Optimistis Pasar Modal Bakal Bergerak Positif

“Pergerakan saham BREN, kami pantau terus dan sejauh ini sudah dilakukan tindakan pengawasan UMA (unusual market activity) dan suspensi cooling down dua sesi,” ucap Kristian kepada media di Jakarta, 21 November 2023.

Di samping itu, Kristian juga menegaskan bahwa, BEI akan memberikan tindakan pengawasan lanjutan, jika hasil pemantauan dari BEI menyatakan diperlukannya tindakan tersebut. 

“Tindakan pengawasan selanjutnya akan dilakukan apabila dari hasil pemantauan bursa diperlukan tindakan tersebut,” imbuhnya.

Kemudian, berdasarkan statistik RTI Business, harga saham BREN pada perdagangan hari ini anjlok sebanyak 7,72 persen menjadi Rp6.275 dari dibuka pada level Rp6.800 per saham.

Baca juga: Soal Rencana Pembukaan Kode Broker Saham, Begini Tanggapan BEI

Tidak hanya itu, saham BREN pada hari ini terlihat bergerak pada rentang area Rp6.200 untuk level terendahnya hingga Rp6.950 sebagai level tertingginya. Di mana, sebanyak 80,09 juta saham telah diperdagangkan dengan frekuensi perdagangan saham sebanyak 39 ribu kali, dan nilai transaksi saham tercatat Rp521,47 miliar.

Adapun, sebelumnya BEI pada Jumat (10/11) telah melakukan penghentian sementara perdagangan atau suspensi saham kepada PT Barito Renewable Energy Tbk (BREN).

Penghentian sementara perdagangan atau suspensi saham BREN tersebut disebabkan oleh adanya peningkatan harga kumulatif yang cukup signifikan, serta menjadi langkah BEI untuk melindungi para investornya. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 hour ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

2 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

2 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

3 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

3 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

4 hours ago