Market Update

Harga Komoditas Dorong Sentimen Positif Rupiah

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Senin (27/11) diprediksi akan kembali mengalami penguatan yang didorong oleh sentimen positif yang bersumber dari beberapa faktor, baik dalam negeri maupun faktor global.

Analis PT Samuel Sekuritas Indonesia, Ahmad Mikail dalam risetnya di Jakarta, Senin, 27 November 2017 mengatakan, harga komoditas yang menunjukkan perbaikan yang didorong oleh kenaikan harga minyak, akan menopang rupiah bergerak positif.

“Mata uang di Asia diprediksi kembali menguat dengan sentimen positif. Rupiah diprediksi akan bergerak ke level Rp13.490-Rp13.505 per dolar AS,” ujarnya.

Di sisi lain, penguatan mata uang Asia termasuk rupiah, juga sejalan dengan dolar index yang melemah pasca adanya rilis data ekonomi AS, yakni indeks belanja manajer sektor manufaktur di AS pada Oktober turun dari 54,6 ke level 53,8, dan indeks belanja manajer sektor jasa yang juga terkikis menjadi 54,7.

“Pasca lemahnya indeks belanja manufaktur dan jasa di AS, serta kemungkinan terbentuknya koalisi pemerintah di Jerman antara partai opsisi dan pemerintah Markel, dolar diprediksi akan melanjutkan pelemahan terhadap Euro dan beberapa mata uang Asia lainnya termasuk Indonesia,” ucapnya. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

HBAP Kantongi Pinjaman Rp19,24 Trliun dari Bank Mandiri, untuk Apa?

Jakarta - Dalam mendukung pemerataan dan pemenuhan kebutuhan listrik nasional, Bank Mandiri jalin kemitraan strategis… Read More

48 mins ago

United Tractors (UNTR) Mau Bagikan Dividen Interim Rp2,42 Triliun, Simak Jadwalnya

Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR) sebagai emiten distributor alat berat mengumumkan akan melakukan… Read More

1 hour ago

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan Demi Menjaga Stabilitas Sistem Perbankan

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa tengah menyampaikan keterangansaat konferensi pers terkait penetapan Tingkat… Read More

2 hours ago

AAUI Ungkap Peluang Usaha Menjanjikan di Era Prabowo-Gibran, Ini Daftarnya

Jakarta - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memproyeksikan sejumlah peluang usaha asuransi umum yang memiliki… Read More

3 hours ago

Naik 9,4 Persen, Laba Bersih Sarana Menara Nusantara jadi Rp1,60 Triliun di Semester I 2024

Jakarta - PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) mencatatkan laba bersih Rp1,60 triliun di semester… Read More

4 hours ago

Program 3 Juta Rumah Prabowo, SMF Rekomendasikan Intervensi Khusus

Lampung - Program 3 juta rumah yang digaungkan presiden terpilih Prabowo Subianto terbilang ambisius. Untuk… Read More

5 hours ago