Harga CPO Masih dalam Tren Positif

Harga CPO Masih dalam Tren Positif

Harga sawit
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta — Harga minyak sawit (crude palm oil/CPO) diperkirakan masih dalam tren penguatan. Hal tersebut didorong oleh minyak mentah dunia dan kedelai.

CPO pada perdagangan kemarin sendiri ditutup di RM2.473, dengan histori perdagangan menyentuh harga rendah (Low) di RM2.463 serta harga tinggi (High) di RM2.483.

Arie Nurhadi, Research PT Monex Investindo Futures mengatakan CPO berjangka Malaysia turun dalam perdagangan kemarin dengan pelemahan harga minyak mentah dunia yang terjadi serta para pelaku pasar melakukan aksi ”taking profit” setelah momentum perdagangan kemarin sebagai harga yang tertinggi sepanjang enam minggu perdagangan.

Patokan harga CPO kontrak untuk pengiriman Agustus di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun 0.2 persen pada RM2.473 atau setara $621,36 per metrik ton pada penutupan perdagangan.

Baca juga: Perpanjang Pengguhan Pajak, CPO Terkena Aksi Profit Taking

CPO menyentuh harga tertingginya terhitung sejak 9 April 2018 pada RM2.485 pada hari perdagangan Selasa dan menutup sesi pertama pada RM2.477 mengikuti kenaikan dalam minyak mentah dunia dan kedelai Amerika Serikat.

“Faktor penopang bagi kenaikan harga CPO yang beberapa waktu terjadi karena dukungan dari pelemahan mata uang Ringgit Malaysia dengan posisi pelemahan pada RM3.980 per Dollar Amerika Serikat atau turun sebesar 0.4 persen pada hari Rabu kemarin,” kata Arie di Jakarta, Kamis, 24 Mei 2018.

Harga minyak mentah yang merosot dari $72 per barrel pada Rabu kemarin katanya, karena tekanan dari potensi peningkatan output minyak mentah OPEC untuk menenangkan kenaikan harga serta menutupi kekurangan pasokan dari Iran dan Venezuela, komoditas inipun menjadi faktor yang sedikit menurunkan harga CPO.

Perdagangan di hari ini, pergerakan harga CPO sempat berada pada level RM2.494 dan dibuka pada harga RM2.487, sementara harga tinggi (High) tercatat berada di RM2.496, dan harga rendah (Low) di RM2.483. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]