Perbankan

Hanwha Life Dikabarkan Resmi Caplok 40 Persen Saham Bank Nobu

Jakarta – Perusahaan asuransi asal Korea Selatan, Hanwha Life Insurance dikabarkan telah resmi mengakuisisi 40 persen saham PT Bank Nationalnobu Tbk atau Bank Nobu (NOBU).

Mengutip Korean Times, Rabu, 8 Mei 2024, langkah mengakuisisi saham Bank Nobu tersebut sebagai upaya Hanwha Life melakukan ekspansi ke pasar keuangan Asia Tenggara.  

Dilaporkan, Hanwha Life dan Bank Nobu telah menandatangani sale purchase agreement (SPA) pada Jumat pekan lalu. Hanwha Life sepakat untuk mengakuisisi 40 persen saham Bank Nobu dari Lippo Group.

Penandatanganan SPA dihadiri oleh Presiden dan Chief Global Officer (CGO) Hanwha Life Kim Dong-Won, Wakil Ketua sekaligus CEO Yeo Seung-Joo, dan CEO Lippo Grup John Riady.

Baca juga: Merger Bank Nobu dan Bank MNC Molor Lagi, OJK Targetkan Rampung Juni 2024

Usai kesepakatan tersebut, Hanwha Life dan Bank Nobu berjanji untuk memperkuat kemitraan mereka untuk mengejar pertumbuhan bersama dan memperdalam hubungan bisnis.

Keduanya juga sepakat untuk mendukung dan berkolaborasi di berbagai bidang bisnis untuk menjajaki pendorong pertumbuhan di masa depan, termasuk di bidang infrastruktur, jaringan, serta keahlian kedua kelompok.

“Dengan penandatanganan SPA dengan Lippo Group, Hanwha Life dan afiliasi keuangan Hanwha Group bertujuan untuk tumbuh lebih jauh menjadi pemain keuangan global yang besar. Hanwha Life akan memaksimalkan sinergi dengan mengintegrasikan kemampuan digital Hanwha dengan keahlian manajemen Lippo Group di bisnis perbankan,” kata Yeo.

John Riady menambahkan, pihaknya berharap kerja sama dan sinergi kedua perusahaan akan terus berlanjut.

“Seperti persahabatan dan kepercayaan jangka panjang antara saya dan Presiden Hanwha Life Kim Dong-won,” katanya.

Baca juga: Akusisi Bank Muamalat, Ini Harapan Besar BPKH

Sebelumnya, Hanwha Life telah mengakuisisi 62,6 persen saham Lippo General Insurance pada Maret 2023. Langkah tersebut kemudian diikuti akuisisi lainnya oleh Hanwha Investment & Securities, yakni mengambil alih saham pengendali di Ciptadana Securities dan Ciptadana Asset Management Indonesia pada Juni 2023.

Hanwha Life memilih Indonesia sebagai sasaran ekspansi globalnya karena memiliki pertumbuhan ekonomi lebih dari 5 persen setiap tahunnya dan jumlah penduduk terbesar di dunia. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

2 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

3 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

9 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

10 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

23 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

24 hours ago